Kakan Kemenag Kota Bengkulu Kembali Kunjungi dan Beri Bantuan Santri Keracunan

Kakan Kemenag Kota Bengkulu Kembali Kunjungi dan Beri Bantuan Santri Keracunan

Kota Bengkulu (inmas) 24/08-Beberapa hari yang lalu, puluhan Santri Pondok Pesantren Hidayatul Qomariah Kelurahan Padang Serai Kota Bengkulu mengalami keracunan setelah sarapan pagi pada Jumat 14 Agustus 2020. Para santri tersebut langsung dirawat di   6 rumah sakit, yaitu  RSUD M. Yunus, RSHD Kota Bengkulu, RS Ummi, RS DKT,  RS Gading Medika, RS Bhayangkara dan beberapa Puskesmas di Kota Bengkulu.

Terjadinya santri keracunan pada Jumat lalu ini merupakan Kejadian Luar Biasa (KLB), dan santri yg di bawa ke rumah sakit saat itu sebanyak 119 orang, untuk itu Kepala Kantor  Kementerian Agama (Kemenag) Kota  Bengkulu, Drs. H. Ramedlon, M.Pd.  beserta tim telah melakukan pemantauan langsung ke lokasi Ponpes Hidayatul Qomariyah di Padang Serai pada pagi hari Jumat 14 Agustus 2020 itu juga.

Kemenag yg merupakan lembaga pembina ponpes bergerak cepat untuk memberikan support dan dukungan kepada pengelola ponpes supaya tetap bersabar dan tetap melakukan penanganan secara profesional dan bertanggung jawab terhadap santri yg sakit. Dan alhamdulilah, berkat penanganan yang cepat dari tenaga medis yang telah merawat para korban, serta peran masyarakat, aparat pemerintah dan anggota Polri serta TNI yang telah membantu mengevakuasi para korban. Sehingga memastikan para santri bisa sehat dan selamat, tidak ada yang mengalami masalah serius dan telah dipulangkan.

Sebagai tindak lanjut kunjungan tersebut, Senin pagi tanggal 24 Agustus 2020, Kepala Kantor Kemenag Kota Bengkulu, Drs. H. Ramedlon, M.Pd. kembali mengunjungi Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah, didampingi oleh Kasubbag Tata Usaha, Drs. H. Sumaryatim, S.HI. Kasi Pontren, Dr. H. Intihan, M.HI. dan Kepala Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Dra. Linda Suryani. Adapun tujuan utama kunjungan ini adalah untuk memberikan dana bantuan.

Kedatangan tim dari Kemenag Kota Bengkulu ini kembali disambut langsung oleh  Pimpinan Pontren Hidayatul Qomariah, Ali Shodiq Ahmad. Dimana, dalam pertemuan ini, Drs. H. Ramedlon, M.Pd. berpesan agar pihak ponpes selalu melakukan konsolidasi dengan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu dalam usaha untuk selalu meningkatkan ketahanan tubuh santri dan meningkatkan kebersihan pondok.

Sementara itu Pimpinan Pontren Hidayatul Qomariah, Ali Shodiq Ahmad menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dari semua pihak, ‘’Alhamdulilah para santri kami, sehat dan baik. Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih. Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Kepala Kantor Kemenag Kota Bengkulu dan jajaran yang telah meninjau dan melihat langsung serta memberikan bantuan bagi para santri kami. Semoga kami bisa menghadapi ujian ini dengan sabar dan ikhlas,’’ demikian Ali Shodiq mengakhiri. (Intihan/Popi)

Bagikan :