Penjaringan Dokter Kecil dan Pemeriksaan Kesehatan Oleh Puskesmas Kedurang di MTsN 3 Bengkulu Selatan

Penjaringan Dokter Kecil dan Pemeriksaan Kesehatan Oleh Puskesmas Kedurang di MTsN 3 Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan (Inmas)- Rabu, 19 Agustus 2020 Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bengkulu Selatan mendapat kunjungan dari dokter dan bidan Puskesmas wilayah kedurang ( Dr. Reky Purnawan, Bidan Yesi Puspita, SST, Bidan Nopi Kristiana,S.St,Bidan Fitrilia Marlince, A. Md.Keb dan Bidan Nopi Puspita Sari, A. Md. Keb).  Dalam kegiatan ini,  Dokter dan Bidan Puskesmas menyampaikan bahwa kunjungan ini adalah untuk Penjaringan dokter kecil dan pemeriksaan kesehatan secara berkala memeriksa kesehatan siswa. Setiap siswa diperiksa satu persatu mulai dari gigi, mulut, hidung sampai pada mata dan seluruh anggota tubuh. Dalam kegiatan ini ditemukan bahwa ada 2 orang siswa yang terdapat kelainan dan harus pemeriksaan lebih lanjut dan rutin serta dirujuk ke PKM kedurang yakni atas nama Apriansyah dan Efkiawan kelas 8.

Apriansyah terkena benjolan pada mata yang awalnya hanya sebelah mata dan kini menimpa kedua matanya, sedangkan Efkiawan terdapat kapas yang menyangkut di dalam telinga sehingga harus dikeluarkan dengan menggunakan kaca pembesar dan harus dengan alat yang memang dibutuhkan oleh kesehatan.

Kegiatan Dokter kecil di Sekolah sangat membantu kesehatan siswa, untuk itu siswa yang sudah ditunjuk dalam pelaksanaan kegiatan dokter kecil harus mampu menjadi penggerak penolong P3K dalam rangka pencapaian target siswa yang sehat dan dapat melaksanakan pendidikan yang lebih baik. Siswa yang sehat nantinya akan menjadi handal dan dapat mengikuti pendidikan yang lebih baik. Disamping itu juga dokter kecil sangat membantu dalam pelaksanaan kemampuan siswa memeriksa dirinya secara berkala dalam kesehatan nantinya. “Kami akan membantu cara siswa mengukur suhu tubuh dan mengukur tekanan darah sehingga siswa dapat menolong siswa yang lain ataupun guru yang dibutuhkan” imbuh Dr. Reky Purnawan dalam penyampaiannya.

Harapan Dr. Reky Purnawan kepada siswa agar mampu memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan, minimal siswa dapat memberi obat-obatan kepada siswa yang lainnya apabila siswanya nanti terjadi kecelakaan saat pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar. Untuk itu Kami juga akan memperkenalkan obat-obatan kepada siswa yang terpilih menjadi dokter kecil di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bengkulu Selatan. Inilah nantinya akan menjadi modal siswa dalam mengenal obat- generik ataupun obat yang ringan seperti parasetamol, perban, untuk luka betadin, obat minyak dan sebagainya. Demikian disampaikan oleh Dokter Reky Purnawan dan Kawan-Kawan di sela-sela pelaksanaan dzikir bersama yang dilakukan oleh Guru Staf Tata Usaha bersama Siswa. (byg/fay)

Bagikan :