Sambut Visitasi Akreditasi, MAN 2 Mukomuko Terus Asah Profesionalisme Guru

Sambut Visitasi Akreditasi, MAN 2 Mukomuko Terus Asah Profesionalisme Guru

Mukomuko, (Inmas), Senin 10 Agustus 2020 bertampat di Mushalla AL Amin seluruh Tenaga Pendidik MAN 2 Mukomuko diminta untuk memaparkan pemahaman serta pengaplikasian perangkat pembelajaran dan jam efektif.

Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana tenaga pendidik yang ada dalam memahami perangkat pembelajaran dan jam efektif. Hal ini disampaikan kepala MAN 2 Mukomuko, Daswan Cildra Awla, M.Pd di sela pemaparan perangkat pembelajaran oleh tenaga pendidik MAN 2 Mukomuko.

"Kita ingin melihat kedalaman pemahaman masing-masing guru dalam memahami perangkat pembelajaran dan jam efektif. Dari sini kita harapkan akan ada tindak lanjut sebelum visitasi akreditasi oleh tim asesor." ujar Daswan.

Dari sudut pandang tenaga pendidik, gebrakan Kepala Madrasah baru ini tentu saja sangat memicu semangat mereka dalam memperdalam pemahaman mereka tentang perangkat pembelajaran dan jam efektif sesuai degan peraturan yang berlaku. Sebab sangat mungkin ada informasi yang terputus sehingga ada poin-poin tertentu yang terlupakan oleh guru dalam emnyusun perangkat pembelajaran.

"Ini adalah sebuah langkah yang sangat membantu kami para guru. Dengan kegiatan seperti ini, semangat kami untuk terus belajar semakin tinggi. Karena tidak dipungkiri, sebagian dari tenaga pendidik masih menggunakan aturan dan kebiasaan lama dalam penyusunan perangkat pembelajaran." ungkap Gusnawati, guru Fikih MAN 2 Mukomuko.

Dalam kegiatan "Sharing Pemahaman" ini, semua guru diwajibkan menyampaikan pemahaman masing-masing tentang apa dan bagaimana perangkat pembelajaran yang up to date serta bagaimana menghitung dan menerapkan jam efektif yang benar. Dari sinilah kemudian kepala madrasah dan waka kurikulum akan menilai kompetensi masing-masing.

"Dengan penilaian ini, kita akan memetakan kemampuan guru yang kemudian akan ditindaklanjuti dengan kegiatan edukasi melalui pertemuan dengan pengawas dan Koordinator Pelaksana Akreditasi Kabupaten" Tutup Daswan. (Arief)

Bagikan :