STQ Kecamatan Lebong Sakti Digelar, 49 Peserta Bersaing

STQ Kecamatan Lebong Sakti Digelar, 49  Peserta Bersaing

Tubei (Humas) - Dalam rangka persiapan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Lebong Tahun 2020, Camat Kecamatan Lebong Sakti menggelar Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kecamatan dengan cabang lomba tilawah tingkat anak-anak, remaja dan dewasa. Kegiatan digelar di Masjid Al-Kautsar Desa Muning Agung Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong,dibuka Camat Lebong Sakti Hj. Gusmawati, SH,MH. Rabu, (29/7).

Hj. Gusmawati, SH,MH mengatakan,kegiatan STQ tingkat Kecamatan ini diikuti oleh 9 desa yang ada di kecamatan Lebong Sakti yang merupakan utusan dari setiap desa dengan jumlah 49 Peserta lomba. Terdiri dari, sebanyak 13 orang peserta tingkat desawa, 14 orang peserta tingkat remaja dan 22 orang peserta tingkat anak-anak. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari peserta lomba yang berprestasi guna menjadi utusan dari kecamatan Lebong Sakti dalam lomba MTQ tingkat kabupaten Lebong pada tahun 2020.

“Acara STQ tingkat kecamatan ini merupakan agenda rutin maka harus dipersiapkan peserta lomba guna meraih prestasi di lomba tingkat Kabupaten Lebong nanti,” katanya.

Dalam kesempatan itu Ia juga berharap kepada masyarakat agar pengajian dapat diaktifkan kembali disetiap desa dengan mengikuti protokol kesehatan.

‘’Aktifkanlah kembali mengaji. Agar tumbuhnya bibit-bibit qori dan qoriah yang berkualitas. Namun tetap mematuhi protocol kesehatan. Karena kita tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19. Begitu juga dengan kegiatan masjid supaya diaktifkan guna meningkatkan ibadah dan pemahan tentang agama Islam terhadap masyarakat,’’ imbaunya.

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Lebong Sakti, Suandi menerangkan bahwa kegiatan mengaji ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan agama terhadap masyarakat. Disetiap desa ada Penyuluh Agama Islam yang selalu berupaya membantu dan memberikan binaan terhadap masyarakat khususnya dalam hal keagamaan. Dengan adanya pengajian dan kegiatan di masjid yang dilakukan pada setiap desa itu sudah membantu program pemerintah dalam memberantas buta aksara Al-qur’an.

Acara tersebut juga dihadiri Kabag Kesra Pemda Kabupaten Lebong, Kapolsek Lebong Tengah, Kepala KUA Kecamatan Lebong Sakti, Para Kepala Desa dan Imam se-Kecamatan Lebong Sakti dan para peserta lomba STQ Tingkat Kecamatan Lebong Sakti. Kegiatan tersebut berlangsung dengan meriah walaupun kondisi Pandemi Covid-19 para peserta sangat antusia melihat penampilan peserta lomba dari setiap cabang tilawah. (Kurnian Nengsih)

 

 

 

 

Bagikan :