Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Bengkulu Rampungkan Data Hewan Kurban

Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Bengkulu Rampungkan Data Hewan Kurban

Kota Bengkulu (inmas) 28/07-Jelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban 1441 Hijriyah/2020. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu  melalui Seksi Bimas Islam  telah merampungkan data hewan kurban. Data tersebut dihimpun dari tiap kantor urusan Agama (KUA) Kecamatan yang melibatkan penyuluh dan penghulu.

Disampaikan oleh Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Bengkulu di ruang kerjanya hari ini Selasa 28 Juli 2020, bahwa data jumlah hewan kurban 9 Kecamatan se-Kota Bengkulu telah disaampaikan pada Kepala Bidang urais dan Binsyar Kanwil kemenag Provinsi Bengkulu. dengan uraian sebanyak 9 ekor kerbau, 1.515 ekor sapi, dan 110 ekor kambing/domba/biri-biri. Sehingga total jumlah hewan kurban adalah 1.634 ekor.

“Jumlah hewan kurban ini terhitung cukup banyak, walaupun sedikit mengalami penurunan karena imbas dari wabah Covid-19. Namun, biasanya tiga hari jelang Idul Adha jumlah hewan kurban ini akan mengalami perubahan. Mudah mudahan bisa bertambah lebih banyak lagi”. Ujar Rolly

Ditambahkan Rolly, dalam proses pemotongan hewan kurban nanti, Kemenag Kota Bengkulu sudah menunjuk petugas  maupun penyuluh dan pengawas. Agar pelaksanaannya sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban

Sedangkan untuk petugas Imam Khatib pelaksanaan Shalat idul Adha juga sudah disampaikan. Untuk di Masjid Jami’, H. Imam Ali Sadikin sebagai Imam Khotib, di Masjid Agung At-Taqwa Anggut Atas H. Alwi Hasbullah sebagai Imam Khatib, dan untuk di Masjid Raya Baitul Izzah Khatib nya dalah Bapak Dr. H. Rohidin Mersyah (Gubernur Bengkulu) dan sebagai Imam H. Rusli M. Daud.

Adapun penyelenggaraan salat Idul Adha yang dilaksanakan oleh masyarakat dengan catatan harus tetap menerapkan protokol kesehatan  untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. (Rolly/Popi)

Bagikan :