Sudah Puluhan Berkas Putusan Cerai Diproses

Sudah Puluhan Berkas  Putusan Cerai Diproses

Bengkulu Selatan (Inmas) – Hingga Rabu (22/07) pagi, petugas staf pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) KUA Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan mencatat sudah puluhan berkas putusan cerai atau kartu kuning diproses. Data yang merupakan putusan dan tembusan langsung dari pengadilan agama (PA) itu merupakan data terpenting sebelum proses pencatatan nikah dapat dilakukan. “Memang sudah banyak berkas yang masuk, Juni dan Juli, begitu juga pada bulan-bulan sebelumnya,” jelas Kepala KUA Pino Raya Drs.H.Winraini.M.HI.

Winraini meminta staf untuk lebih teliti dalam memproses ataupun memperivikasi keabsahan data. Gerbang pelayanan satu pintu tentunya proses yang harus sesuai standar, ini bertujuan meminimalisiri kesalahan. “Bukan tidak percaya pada catin ataupun yang lainnya, mengingat serba elektronik dan canggih ini, ketelitian data itu penting dilakukan, guna mengindari kesalahan dikemudian hari,” tegas Winraini.

Ditambahkan Winraini, pemberlakukan PTSP ini khususnya pada link pelayanan pencatatan nikah mempermudah dan memperjelas keabsahan para catin. Baik itu alamat, begi juga dengan status yang merupakan hal yang vital. “Kalau sudah ada putusan apakah itu cerai atau dispensasi nikah, maka dengan cepat untuk diproses peliputan nikahnya,” demikian Winraini. (salim/humas)

Bagikan :