Menuju Akreditasi, Eli Purnama : Akreditasi perpustakaan, Menjadi Tanggung Jawab Bersama

Menuju Akreditasi, Eli Purnama : Akreditasi perpustakaan, Menjadi Tanggung Jawab Bersama

Seluma (Inmas) – Perpustakaan menjadi salah satu unsur penting dalam proses pendidikan. Baik itu proses pendidikan formal maupun pendidikan non formal memerlukan perpustakaan untuk mendukung proses pendidikan yang berlangsung di dalamnya. Saat ini telah tersedia perpustakaan madrasah untuk mendukung proses pendidikan di MAN Seluma yang dilakukan oleh tenaga pustakawan dalam mendukung proses pendidikan di MAN Seluma.

Demikian diungkapkan Kepala MAN Seluma Eli Purnama,S.Pd., M.A ketika memimpin rakor dalam rangka mempersiapkan akreditasi perpustakaan, dan pembentukan TIM akreditasi perpustakaan Selasa, (14/7). 

“Akreditasi perpustakaan Madrasah, bukan hanya menjadi tanggung jawab pustakawan atau pengelola  perpustakaan. Akreditasi  perpustakaan Madrasah  menjadi hajat sekaligus tanggung jawab bersama yakni semua elemen yang ada di Madrasah. Dukungan dan support tetap kami butuhkan,” kata Eli.

Dalam kesempatan itu, dia juga menjelaskan bahwa akreditasi perpustakaan yang akan dilaksanakan di MAN Seluma merupakan kegiatan untuk menilai kualitas sebuah perpustakaan yang dilaksanakan oleh lembaga berwenang. Berdasarkan surat yang dikirim oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi , No : 041/ 40/DPK/ I.2020 perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri dipersiapkan untuk menghadapi akreditasi perpustakaan sekolah, yang dilakukan oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Nasional pada tahun 2020 ini.  

''Jadwal pelengkapan berkas akreditasi di mulai dari bulan Agustus hingga November 2020. Pengumpulan dan pengiriman instrumen serta bukti fisik akreditasi dilakukan secara online dan dikoordinir oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu,'' tuturnya.

Komponen yang dinilai dalam akreditasi perpustakaan sekolah antara lain : Komponen koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan dan komponen terakhir komponen penguat.

''Persiapan yang sudah kita lakukan telah sampai tahap penyempurnaan bukti fisik, adapun tahapan berikutnya masih dalam proses persiapan. Karenaya kami mohon doa agar kegiatan ini lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan,'' demikian Eli.(***/red ttg)

 

 

Bagikan :