Era New Normal, Kepala KUA Pelabai Sampaikan Protokol Kesehatan dalam Layanan Nikah

Era New Normal, Kepala KUA Pelabai Sampaikan Protokol Kesehatan dalam Layanan Nikah

Lebong (Inmas)- Kepala KUA Kecamatan Pelabai- H. Olik Nurholik, S.Ag, MH mengambil sikap dengan menyampaikan edaran melalui himbauan secara tertulis kepada Perangkat desa maupun Pengurus Masjid di wilayah kerjanya agar disampaikan secara luas kepada masyarakat agar  dapat mematuhi aturan yang berlaku terkait dengan pelayanan nikah bagi masyarakat.

Ditemui di ruang kerjanya pada Hari Senin (20/07), H. Olik mengatakan, memasuki tatanan normal baru atau disebut juga New Normal dengan diterbitkannya kebijakan terkait pelayanan nikah oleh Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dengan Surat Edaran Nomor P-006/DJ.III/Hk.00.7/06/2020 tanggal 10 Juni 2020 tentang Pedoman Pelayanan Nikah Menuju Masyarakat Produktif Aman Covid, maka pihaknya berkewajiban menyampaikan hal ini kepada masyarakat.

“Pelaksanaan akad nikah sudah bisa dilangsungkan baik di dalam balai maupun diluar Balai Kua, namun tetap mengikuti protokol kesehatan,” kata Olik

Lebih Detail, H. Olik katakan bahwa “masyarakat diperkenankan melaksanakan akad nikah baik di KUA, di rumah, masjid, ataupun gedung pertemuan dengan batasan jumlah peserta, Untuk pelaksanaan akad nikah di KUA dan rumah boleh dihadiri maksimal sepuluh orang, sementara untuk pelaksanaan akad nikah di masjid atau gedung pertemuan dapat dihadiri maksimal tiga puluh orang atau 20?ri kapasitas ruangan/Gedung.”

“Kantor Urusan Agama kecamatan wajib mengatur hal – hal yang berhubungan dengan petugas, pihak Catin, waktu dan tempat agar pelaksanaan akad nikah dan protokol kesehatan dapat berjalan dengan sebaik – baiknya dan apabila pelayanan nikah dilakukan di luar Kantor Urusan Agama maka pihak KUA wajib berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak terkait yaitu gugus tugas penanggulangan covid 19 tingkat kecamatan serta aparat keamanan” lanjut Olik.(20/07)

“Dalam hal ini, pihak KUA harus bersikap tegas menjalankan aturan ini demi kebaikan dan keselamatan umat beragama agar wajib mengikuti protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, rutin cuci tangan serta jaga jarak aman,” tegas Olik.

Sementara itu untuk pelayanan pendaftaran nikah dapat dilakukan setiap hari kerja baik secara online melalui website simkah.kemenag.go.id, melalui email, telepon, atau secara langsung mendatangi Kantor Urusan Agama kecamatan” tutupnya (Malvinas RNBS)

Bagikan :