MTsN 1 Bengkulu Selatan Lanjutkan Program Tuntas Baca Tulis Al-Quran

MTsN 1 Bengkulu Selatan Lanjutkan Program Tuntas Baca Tulis Al-Quran

Bengkulu Selatan (Inmas) – Madrasah Tsanawiyah Negeri  1 Bengkulu Selatan selalu mengedepankan program tuntas baca tulis Al-Quran. Program ini menjadi prioritas utama di MTsN 1 Bengkulu Selatan dalam rangka  mendukung serta mensukseskan misi Kementerian Agama agar warga dan lulusan Madrasah mampu menguasai keterampilan baca tulis Al-Quran, sehingga pada saat terjun ke masyarakat para lulusan Madrasah selalu tampil dengan cemerlang terutama dalam kegiatan yang sifatnya membutuhkan kemampuan baca tulis Quran misalnya pengasuh/pengajar di TPQ, Muadzin, Imam sholat, khotib, kelompok yasinan, dan lain sebagainya. 

Program tuntas baca tulis Al-Quran ini juga menjadi salah satu perhatian serius dari Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Selatan, H. Arsan S Ibrahim, MHI dalam acara penutupan MATSAMA di MTsN 1 Bengkulu Selatan hari Rabu tanggal 15 Juli 2020. Oleh karena itu, dalam rangka menindaklanjuti amanah dari Kepala Kemenag Bengkulu Selatan, maka Kepala MTsN 1 Bengkulu Selatan H. Saefudin Zuhri, S.Ag., M.Pd memberikan tugas khusus kepada Pembina Agama, ibu Nur Puspasari, SHI  untuk melanjutkan program yang telah dilaksanakan pada Tahun Ajaran sebelumnya dengan tetap mewajibkan siswa dan tenaga pengajar menerapkan protokol kesehatan  dalam masa new normal guna menghambat  penyebaran corona virus desease 2019 (covid-19).

Dalam sampaiannya  H. Saefudin Zuhri, S.Ag., M.Pd mengatakan bahwa tujuan program tuntas baca tulis Al-Quran ini adalah agar siswa lulusan MTsN 1 Bengkulu Selatan  menguasai hapalan setidaknya dari surah Ad-dhuha sampai An-nas dan bagi siswa yang sudah lancar bacaannya diharapkan mampu menghapal dari surah An-Naba’ sampai An-Nas. Selanjutnya bagi siswa kelas 7 yang baru masuk dan masih kelompok Iqra maka diharapkan mampu membaca Al-Quran secara baik dan benar tajwid dan makhrajnya.  

 

“Program tuntas baca tulis Al-Quran dilaksanakan dalam dua waktu: pertama di pagi hari menjelang tatap muka jam pertama dan kedua pada saat akhir jam pelajaran sampai masuk waktu sholat zuhur. Pada program pagi hari, dilaksanakan  beberapa jenis kegiatan antara lain pembacaan sholawat nabi, asmaul husna, surah-surah pendek serta doa sebelum belajar. Sementara pada siang hari kegiatan yang diadakan adalah Mulok yang diisi dengan kegiatan tuntunan membaca Iqra dan Al-Quran. Semoga program ini benar-benar bermanfaat apalagi telah mendapat dukungan penuh dari wali murid”, tutup  Kepala MTsN 1 Bengkulu Selatan H. Saefudin Zuhri, S.Ag., M.Pd. (zb).         

 

 

Bagikan :