Latih Kedisiplinan, PBB dan Bela Negara, MTsN 1 Seluma Gandeng Koramil 03 Air Priukan pada Kegiatan MATSAMA

Latih Kedisiplinan, PBB dan Bela Negara, MTsN 1 Seluma Gandeng Koramil 03 Air Priukan pada Kegiatan MATSAMA

Seluma (Inmas)- Usai sudah pelaksanaan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) peserta didik baru MTsN 1 Seluma T/P 2020/2021. Sebanyak 93 orang peserta didik baru telah mengikuti seluruh  rangkaian acara yang digelar selama tiga hari, sejak hari Rabu 8/7 sampai dengan hari Jumat 10/7. Berbagai materi telah diberikan dari hari pertama, dimulai dengan pembukaan dilanjutkan dengan materi dinamika kelompok untuk mencairkan suasana kelas dan saling berkenalan antar peserta dan penanggung jawab kelas. Tujuannya adalah agar seluruh peserta bisa mengetahui nama temannya, saling mengenal antar satu dengan yang lainnya, begitu juga dengan pendamping maupun penanggung jawab kelasnya. Karena siswa siswi baru MTsN 1 Seluma berasal dari berbagai macam sekolah. Acarapun dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang adab belajar anak sholeh dan kunci sukses menjadi siswa berprestasi di madrasah, serta sosialisasi peraturan dan tata tertib sekolah yang bertempat di aula kelas 7 A dan 7 B. Acara ditutup dengan melaksanakan sholat dzuhur berjama’ah.

Pada hari kedua acara diawali dengan kegiatan sholat dhuha dan kontemplasi oleh Hengar Wiecaksono, S.Pd., kemudian dilanjutkan dengan kultum, acting monolog serta sholawat oleh OSIM. Selanjutnya seluruh siswa baru mendapatkan materi tentang pengenalan lingkungan madrasah (tenaga pendidik&kependidikan), sarana dan prasarana yang ada di lingkungan MTsN 1 Seluma dan visi misi madrasah. Seluruh siswa baru diminta untuk keliling dan menggambar denah madrasah. Tujuannya agar siswa baru benar-benar mengenal tempat belajarnya sehingga ketika proses belajar mengajar sudah aktif mereka tidak lagi kebingungan. Mereka sudah tahu dimana letak perpustakaan, WC, ruang guru, kantin, lab computer, dan ruang belajarnya. Pada sesi terakhir acara dilanjutkan dengan pengenalan kegiatan sekolah termasuk maca-macam ekskul yang ada. Acara ditutup dengan kegiatan sholat dzuhur berjam’ah.

Pada hari ketiga kegiatan diawali dengan senam bersama dan penampilan yel-yel dari masing-masing kelompok. Selanjutnya siswa mengikuti kegiatan bela negara bersama Koramil Air Priukan.  Kapten Siswan Effendi selaku Danramil memberikan materi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan kepada kurang lebih 93 pelajar MTsN 1 Seluma, Jumat (11/7/2020) pagi. Sebelum memberikan materi, Danramil memperkenalkan diri kepada peserta Masa Ta’aruf (Matsama) MTsN 1 Seluma, yang tujuannya agar terjalin keakraban siswa-siswi dengan aparat TNI-AD. Danramil menjelaskan arti Wawasan Kebangsaan, dan Bela Negara. Pada kesempatan itu, Danramil juga menghimbau kepada siswa-siswi tentang pentingnya Bhineka Tunggal Ika, kesetaraan dan anti deskriminasi. Sementara itu untuk latihan PBB dipandu oleh Serka Rolis Setiawan, Sertu Ujang Burlian, Sertu anton Yulianto, Serda Imon dan Serda Dodi. Latihan PBB dilaksanakan di lapangan madrasah. Seluruh siswa baru bersemangat mengikuti arahan pelatih dari Koramil 03 Air Priukan.

“Ada beberapa materi pembekalan yang diberikan. Untuk materi pengetahuan, yaitu wawasan kebangsaan, character building, kedisiplinan, bhineka tunggal ika dan anti deskriminasi. Ada juga materi yang diberikan di lapangan, yaitu Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan games. Tujuannya, agar membentuk mereka menjadi pribadi yang disiplin, tangguh, ulet, dan mampu bekerjasama bersama teman-temannya,” jelas Siswan Effendi.

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Seluma Emi Sudarmi, M.Pd.I. mengatakan, sangat mendukung kegiatan tersebut  agar MTsN 1 Seluma dapat mencetak generasi Islam unggul dan berkarakter. “Semoga dengan Matsama dan latihan bersama TNI ini, menjadikan siswa-siswi MTsN 1 Seluma menjadi pribadi generasi Islami yang kuat dan unggul, berkarakter, serta cinta tanah air. Terima kasih kepada para pembina, pelatih (TNI AD) dan pendamping dari MTsN 1 Seluma. Terimakasih kepada Danramil yang telah memenuhi undangan kami. Semoga dengan tambahan ilmu, siswa kami semakin disiplin, lebih taat beragama, dan kembali siap belajar di MTsN 1 Seluma,” ungkap Emi, dalam sambutannya.

Pengalaman ini menjadi cerita tersendiri bagi Enjel, siswa kelas 7 B, sebagai salah satu siswa baru lulusan SD 06 Tumbuan. “Alasan orang tua dan saya sekolah disini, selain akademik bagus, sehingga banyak juara yang didapat. Juga ilmu agamanya kuat. Makanya saya pilih MTsN 1 Seluma. Dalam MATSAMA, kami diajarkan disiplin, baris berbaris, membuat tujuan dan cita-cita kami dari kertas asturo, persiapan bikin yel-yel untuk hiburan, dan lainnya. Senang, tambah ilmu, lebih kenal teman-teman, kakak-kakak OSIM. Guru-gurunya juga baik dan ramah” ungkap Enjel. Henggar Wiecaksono.

Bagikan :