Kartu Nikah KUA Pino Raya Mulai Dicetak

Kartu Nikah KUA Pino Raya Mulai Dicetak

BENGKULU SELATAN ( Inmas) – Setelah terbitnya peraturan menteri agama (PMA) nomor 20 tahun 2019 tentang pencatatan pernikahan, akhirnya kartu nikah di jajaran Kantor KUA Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan mulai dicetak dan dibagikan.

Kartu nikah ini merupakan inovasi dokumen yang mudah untuk dibawa kemana-mana layaknya seperti e.ktp. Kamis pagi (9/07), merupakan hari pertama peluncuran dan penerbitan kartu nikah yang dicetak langsung oleh Operator SIMKAH yang disaksikan Kepala KUA Drs.H.Winraini.M.HI.

Winraini mengatakan, kartu nikah bukan pengganti buku nikah melainkan dokumen pelengkap yang memiliki kelebihan seperti bentuknya tipis layaknya ATM serta dilengkapi dengan barcode / QR Code yang ada pada sisi kartu. Tujuannya memudahkan dalam pemantauan atau menelitik keabsahan pasangan sebagaimana tertulis pada kartu itu. “Alhamdulillah, KUA Pino Raya sudah mulai mencetak dan mendistribusikan kartu nikah pada pasangan,” kata Winraini.

Kepala KUA senior yang sudah berkiprah diberbagai Kecamatan seperti Seginim, Pino dan Pasar Manna ini menambahkan kartu nikah hanya berlaku bagi pasangan pada proses pencatatan nikahnya mulai tahun 2019. Artinya dibawa tahun sebagaimana ketentuan, kartu nikah belum dapat terupdate pada sirver yang ada. “Bagi pasangan yang memenuhi kriteria itu silakan datang saja ke kantor, akan dilayani untuk penerbitan dan pencetakan kartu nikah, siap melayani sepenuh hati,” demikian Winraini. (salim/humas)

Bagikan :