KUA Kecamatan Pelabai Pertegas Urgensi Penasehatan Pra Nikah

KUA Kecamatan Pelabai Pertegas Urgensi Penasehatan Pra Nikah

Lebong (Inmas)- Penasehatan pra nikah bagi calon pengantin merupakan salah satu solusi mengatasi krisis perkawinan, dan merupakan proses pendidikan yang memiliki nilai strategis dalam rangka memberikan bekal wawasan bagi calon pasangan Suami-Istri untuk membangun bahtera rumah tangga.

Demikian diungkapkan Kepala KUA Kecamatan Pelabai- H. Olik Nurholik, S.Ag, MH  disela-sela pasangan Calon pengantin (Catin) usai mengikuti Penasihatan pra nikah di ruang BP-4 (Badan Penasehatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan) oleh salah satu stafnya belum lama ini.

“BP-4 sebagai badan yang bertugas membantu Kementerian Agama dalam meningkatkan mutu perkawinan guna mewujudkan keluarga sakinah menurut ajaran agama Islam untuk mencapai masyarakat dan bangsa Indonesia yang maju, mandiri, bahagia, sejahtera, materil dan spiritual,” katanya.

Berangkat dari hal tersebut, pihak KUA Kecamatan Pelabai mengharuskan adanya bimbingan khusus bagi setiap calon Pengantin yang telah mendaftar untuk mengikuti kegiatan Penasehatan perkawinan, dengan memberikan materi-materi Keislaman, termasuk didalamnya mengharuskan Catin untuk dapat membaca Al Qur’an dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang kehidupan berumah tangga serta mengurangi angka kekerasan dalam rumah tangga dan perceraian.

“Oleh sebab itu,  BP4 (Badan Penasehatan, Pembinaan, dan Pelestarian Perkawinan) memiliki peran strategis dan urgen dalam memberikan pemahaman calon pengantin (catin) sebelum melangsungkan prosesi akad pernikahan, dan bahkan penasehatan juga dilakukan pasca aqad nikah sebagai upaya meningkatkan kualitas perkawinan menuju keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah,” pungkasnya. (Malvinas RNBS)

Bagikan :