Persiapan Lomba Kebersihan antar Madrasah, MTsN 1 Seluma Kerja Bakti

Persiapan Lomba Kebersihan antar Madrasah, MTsN 1 Seluma Kerja Bakti

Seluma (Humas) Dalam rangka menyambut HAB Kemenag tahun 2021, Kementerian Agama Kabupaten  Seluma mengadakan lomba kebersihan antar madrasah se-Kabupaten Seluma. Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya ini dilakukan untuk menanamkan sikap cinta kebersihan pada lingkungan, diri siswa dan seluruh warga madrasah. Hal ini disampaikan kepala Kemenag Seluma melalui Kasubag TU Yulian Ansori, S.E., dalam acara rakor madrasah di aula kantor Kemenag Seluma.

Yulian meminta agar agar kepala madrasah dapat menciptakan lingkungan belajar dan kerja yang nyaman, sehingga warga madrasah akan senang ketika berada di lingkungan madrasah. Terlebih lagi dalam rangka menyiapkan “new normal” dan tahun ajaran baru. Madrasah diharapkan dapat menyiapkan tempat untuk mencuci tangan dalam rangka menciptakan budaya hidup bersih dan mencegah wabah virus covid19. Sesuai dengan protocol kesehatan. “Madrasah harus dapat menciptakan lingkungan yang bersih sehingga kegiatan belajarpun akan nyaman. Untuk itu madrasah harus senantiasa ber-fastabiqul khairot/berlomba-lomba dalam kebaikan. Oleh karena itu tahun ini kita kembali akan mengadakan lomba kebersihan antar madrasah”. Ujarnya.

Merespon hal itu, MTs N 1 Seluma-pun siap turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Berbagai persiapan dilakukan untuk mengikuti lomba kebersihan. Pada hari Jumat, 26 Juli 2020, seluruh guru, karyawan dan anggota OSIM MTs N 1 Seluma ikut bergotong royong membersihkan lingkungan madrasah. Dimulai dari membersihkan halaman sekolah, memotong rumput, mengecat dan merapikan pagar sekolah.  Agar kegiatan berjalan dengan efektif, anggota OSIM MTs N 1 Selum mendapatkan pembagian areal kapling yang dipandu oleh beberapa guru. Kegiatan awal kebersihan ini dimulai pukul 07.30 WIB dan berlangsung selama 3 jam hingga berakhir pada jam 10.30 WIB.

Kepala madrasah Emi Sudarmi, M.Pd.I. menyampaikan kedepan dirinya berencana akan membuat taman khusus di depan kelas 7A. Sementara untuk dinding pagar belakang madrasah akan dibuat tanaman hias yang memanfaatkan ban bekas yang sudah dicat. Begitu juga di bagian depan pagar madrasah akan dilengkapi dengan tanaman obat yang hasilnya nanti dapat dimanfaatkan oleh warga madrasah. Selanjutnya untuk tetap menjaga kebersihan ruangan guru dan ruang belajar, Emi telah menyiapkan rak sepatu pada tiap-tiap ruangan. Seluruh warga madrasah wajib untuk melepas alas kaki ketika masuk ke ruangan. Kepala madrasah melalui waka kesiswaan juga telah menata pihak kantin madrasah agar tidak menjual makanan yang menghasilkan sampah plastic, sebagai upaya menciptakan lingkungan belajar yang sejuk dan asri (go green).

Kegiatan ini nantinya akan dilakukan penilaian oleh kepala Kantor kemenag Seluma dan tim pada bulan Desember 2010. Penilaian dilihat berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, seperti sanitasi, kebersihan lingkungan, taman, kerapian, keindahan, dan beberapa kriteria lainnya. Dengan persiapan yang maksimal ini harapannya MTs N 1 Seluma  semoga tahun ini dapat meraih predikat yang lebih baik. Diharapkan seluruh warga MTsN 1 Seluma untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan madrasah. (Henggar)

Bagikan :