Manfaatkan Fitur Google Drive, MTsN 2 Mukomuko Sukses Laksanakan UAS Online

Manfaatkan Fitur Google Drive, MTsN 2 Mukomuko Sukses Laksanakan UAS Online

Mukomuko (Inmas) - Pelaksanaan Ujian Akhir Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 MTsN 2 Mukomuko sudah berlangsung sejak seminggu yang lalu. Mengingat masih dalam masa darurat Covid-19, pihak madrasah mengeluarkan kebijakan untuk kembali memanfaatkan layanan online dalam pelaksanaannya.

Waka Kurikulum, M. Ma'arif, S.Ag melalui wa grup madrasah meminta kepada para guru bidang studi untuk memanfaatkan fitur google drive dalam penyusunan soal. Permintaan tersebut direspon baik oleh para guru. Dengan semangat guru mempelajari tata cara penyusunan soal UAS melalui google drive. Sebelumnya guru diwajibkan memiliki email (gmail) kemudian membuka google drive dan memilih google formulir. Di sana lah para guru mulai mengemas soal. Menyetting tipe soal pilihan ganda, mengacak soal, membuat kode token, menyediakan kolom untuk pengisian data siswa dan lain-lain.

"Dengan memanfaatkan google drive, guru bisa menyetting soal lengkap dengan kunci jawaban. Sehingga jawaban siswa tersimpan otomatis di lembar jawaban online lengkap dengan skornya," ujar M. Maarif, S.Ag, Sabtu, (13/06/2020).

Hasil pantauan sampai hari terakhir, pelaksanaan UAS Genap Online berjalan dengan lancar. Pada awal pelaksanaan sebagian siswa ada yang mengalami kendala saat login. Namun, berkat bimbingan dari guru yang bersangkutan akhirnya para siswa bisa mengaplikasinnya dengan baik. (El Anhar)

Bagikan :