KUA Gading Cempaka On YouTube

KUA Gading Cempaka <i>On YouTube<i>

Kota Bengkulu (Humas)-Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid 19) telah memberikan banyak perubahan dan adaptasi dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk salah satunya adalah layanan Nikah dan Rujuk di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Dimana, dalam upaya membantu pemerintah untuk  memutus mata rantai penyebaran Virus Corona/Covid 19, KUA Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu melakukan adaptasi pelayanan penasihatan pada Era New Normal untuk Calon Pengantin (Catin) dengan memanfaatkan penggunaan media sosial dalam hal ini YouTube.

Disampaikan oleh Kepala KUA Kecamatan Gading Cempaka, Ahmad Muzami, S. Ag. Bahwa adanya social distancing yang dianjurkan pemerintah membuat penghulu dan penyuluh mengalami keterbatasan dalam menyampaikan informasi terkait dengan pernikahan dan masalah-masalah keagamaan. Oleh karena itu penggunaan YouTube sebagai sarana pemberian materi-materi penasihatan diharapkan mampu ditangkap dan dicerna secara maksimal oleh masyarakat. Dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi tentang layanan KUA terutama pernikahan.

Ditambahkan Muzmi, tidak hanya mengakomodir urusan pernikahan semata, channel YouTube KUA Gading Cempaka yang masih dalam tahap persiapan untuk dilaunching ini nantinya diharapkan juga dapat diberdayakan sebagai sarana dakwah bagi Penyuluh baik PNS maupun Non PNS di Kecamatan Gading Cempaka.

Adapun dasar hukum dari penggunaan media social channel youtebe ini adalah SE Dirjen Nomor: P-006/DJ.III/Hk.00.7/06/2020 Tanggal 10 Juni 2020 Tentang Pelayanan Nikah Menuju Masyarakat Produktif Aman Covid. Sedangkan materi yang akan disampaikan dalam Akun YouTube KUA Gading Cempaka secara garis besar akan membahas tentang:

  1. Teknis Pendaftaran Pernikahan
  2. Penasihatan Calon Pengantin
  3. Teknis Layanan KUA (Rekomendasi Nikah, Legalisir dsb)
  4. Masalah-masalah yang sering menjadi persoalan dalam kehidupan masyarakat
  5. Kajian Keagamaan
  6. Sosialisasi Kebijakan Pemerintah

Teknis Pelaksanaan Penasihatan Calon Pengantin melalui Media YouTube adalah sebagai berikut:

  1. KUA Gading Cempaka menyiapkan content terkait dengan:
  2. Teknis Pernikahan (Adminstratif/Fiqih; Ijab Qobul, Mandi Wajib dll)
  3. Keluarga Sakinah
  4. Stunting
  5. Pada saat pendaftaran Catin diarahkan untuk mengakses Channel YouTube KUA Gading Cempaka. Memberikan Like, Subcsribe dan menyebutkan nama pasangan Catin pada Kolom Komentar
  6. Pada saat penasihatan Catin yang telah ditentukan, catin diminta untuk menjawab pertanyaan dalam instrument yang telah disiapkan dan menyerahkan lembar jawaban kepada petugas di KUA Gading Cempaka
  7. Petugas akan mengevaluasi dan memberikan laporan secara berkala tentang efektivitas pelaksanaan penasihatan via Youtube. (Muzami/Popi)
Bagikan :