Shalat 'Id Di Rumah, H. Ajamalus : Mari Kita Berikhtiar, Berdoa Semoga Covid 19 Berakhir

Shalat 'Id Di Rumah, H. Ajamalus :  Mari Kita Berikhtiar, Berdoa Semoga Covid 19 Berakhir

Mukomuko (Informasi dan Humas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Drs. H. Ajamalus, MH melaksanakan shalat ‘Id hari raya idul Fitri 1441 H/2020 M Minggu (24/5/2020) di rumah pribadinya secara berjamaah dengan anggota keluarga inti dan keluarga dekatnya. Mantan Kakan Kemenag Kabupaten Mukomuko ini, bertindak secara langsung sebagai imam shalat hari raya Idul Fitri, juga sekaligus bertindak sebagai khatib.

Drs. H. Ajamalus mengatakan, kegiatan ibadah di rumah bersama keluarga ini merupakan wujud mematuhi dan memberikan Edukasi kepada masyarakat dalam mematuhi dan melaksanakan Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 6 tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan  dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H   ditengah Pendemi Wabah Covid-19 dan fatwa MUI Nomor 28 tahun 2020 tersebut.

''Salah satu poin pokok dari Surat Edaran menteri Agama dan Fatwa MUI tersebut adalah himbauan untuk melaksanakan takbir dan shalat hari raya Idul Fitri di rumah masing-masing dengan anggota keluarga inti agar terhindar dari penyebaran dan penularan Covid-19,'' kata Ajamalus.

Sementara itu, dalam tausiyahnya, H. Ajamalus menjelaskan tentang hakikat dan hikmah ibadah puasa secara singkat, yang pada intinya ibadah puasa dapat membentuk kepribadian yang bertaqwa. ''Dan orang yang bertaqwa akan diberikan perlindungan dan kemudahan dari segala urusan, termasuk perlindungan dari Covid-19,'' jelasnya.

Ajamalus juga menghimbau umat Islam, khususnya keluarganya, tetangganya agar senantiasa berikhtiar, beribadah dan berdo’a kepada Allah agar terhindar dari penyebaran dan penularan virus carona ini dengan cara menjaga pola hidup sehat, yaitu sering mencuci tangan, menggunakan hand sanitaizer, mengindari kuruman massa, menghindari kontak fisik secara langsung, dan memperbanyak tinggal/diam di rumah serta melakukan silaturrahim dengan menggunakan Media Sosial (Medsos). Dan semoga wabah pandemi ini segera berakhir,'' demikian Ajamalus.(***)

Bagikan :