Indahnya Berbagi Zakat Fitrah di MtsN 01 Kepahiang

Indahnya Berbagi Zakat Fitrah di MtsN 01 Kepahiang

Kepahiang – Inmas (15/5), Menutup penghujung bulan Ramadhan diwajibkan bagi umat muslim yang mampu untuk membayar zakat fitrah. Alhamdulillah Jum’at 15 Mei 2020 keluarga besar MTsN 01 Kepahiang melaksanakan kegiatan pembagian zakat fitrah kepada siswa/siswi yang kurang mampu. Penyerahan zakat ini diserahkan langsung oleh Bapak H. Yusrijal, M.Pd selaku Kepala MTsN 01 Kepahiang dan Ummi Nurbaiti selaku Waka Humas serta beberapa guru piket yang sedang bertugas.

“Alhamdulillah, kegiatan ini merupakan penerapan amaliyah dari rukun Islam yang ke-4 yaitu menunaikan zakat, kata Bapak H. Yusrijal, M.Pd. Beliau mengatakan bahwa kegiatan penyaluran dana zakat yang telah dikumpulkan ini adalah bentuk kepedulian keluarga besar MTsN 01 Kepahiang terhadap siswa/inya yang kurang mampu. “Tidak lupa dalam penyaluran zakat ini, kami tetap mengindahkan aturan di tengah wabah virus corona, yaitu salah satunya dengan memakai masker dan melakukan jarak terhadap siswa-siswi. Kemudian ditambahkan oleh Ummi Nurbaiti selaku Waka Humas, kegiatan ini tidak hanya sekedar menyalurkan dana/ membayar zakat saja, tetapi pelajaran mengenai manfaat zakat agar bisa dinikmati oleh orang yang berhak menerimanya.

Selain pembagian zakat untuk siswa/siswi MTsN 01 Kepahiang yang kurang mampu, MTsN 01 juga berbagi kepada warga di sekitar lingkungan Madrasah. Dimana para mustahiq ini terdiri dari warga yang kurang mampu. “Kegiatan ini melath pembentukkan karakter spiritualitas diri kita untuk empati dan peduli terhadap orang lain terutama di sekitar kita, tutur Bapak H. Yusrijal, M.Pd. Semoga kegiatan setiap tahun ini bisa menjadi berkah dan bermanfaat bagi yang menerima dan menjadi amal sholeh bagi seluruh keluarga besar MTsN 01 Kepahiang. Aamiin.

Penulis: Lestiana Virgin Yunara, S.H

Bagikan :