Kepala Kemenag Benteng Dampingi Bupati Ikuti Rapat Teleconference Bersama Gubernur Bengkulu

Kepala Kemenag Benteng Dampingi Bupati Ikuti Rapat Teleconference Bersama Gubernur Bengkulu

Bengkulu Tengah (Inmas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu  Tengah mendampingi bapak Bupati Bengkulu Tengah untuk mengikuti rapat terkait pengamanan dan penegakan protokol Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Selasa (19/05).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh bapak Gubernur Provinsi Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah melalui video Teleconference. Rapat diikuti juga oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Bengkulu beserta Forkopimda Provinsi Bengkulu dan seluruh Bupati/Walikota se-Provinsi Bengkulu. Pada kesempatan rapat kali ini Gubernur Rohidin bersama seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu. Beliau menyampaikan bahwa pertemuan ini guna membahas bagaimana langkah Pemprov Bengkulu dalam menyambut hari raya termasuk kegiatan mudik dan sebagainya, sehingga Pemprov Bengkulu betul-betul membuat kebijakan searah dengan kebijakan Pemerintah Pusat.

Saat ditemui usai rapat terbatas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah H. Sipuan, S.Ag.,MM menjelaskan hasil dari rapat tersebut, “ Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah akan membuat sebuah himbauan yang keras dan aturan yang tegas agar menghindari lonjakan penambahan kasus Covid-19 dan saya harapkan untuk seluruh masyarakat dapat bekerjasama demi memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini sendiri “, ungkap Sipuan.

Selain itu Sipuan menyampaikan aturan yang terdapat dalam Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H ditengah Pandemi Wabah Covid-19. Agar dapat disampaikan dengan baik kepada masyarakat agar tidak menjadi bias, Peran aparatur yang membidangi keagamaan menjadi sangat penting dalam hal ini.
      
“Kementerian Agama (Kemenag) harus berperan untuk menyampaikan ini dengan baik, Kepala-kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan juga harus berperan, memahami betul isi Surat Edaran Menteri Agama RI tersebut agar bisa disampaikan kepada masyarakat maupun tokoh-tokoh agama “, papar Sipuan.

Terakhir Sipuan menjelaskan apa yang disampaikan oleh bapak Gubernur Bengkulu bahwa Pemerintah Pusat menghimbau dan mengajak dengan keras kepada seluruh Pemerintah Daerah untuk dapat mengajak masyarakat melakukan pelaksanaan Ibadah sholat hari raya Idul Fitri dirumah masing-masing (pay)

Bagikan :