1 Syawal 1441H Pada 24 Mei 2020, Bustasar : Selamat Hari Raya Idul Fitri

1 Syawal 1441H Pada 24 Mei 2020, Bustasar : Selamat Hari Raya Idul Fitri

Bengkulu (Inmas) - Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1441H/2020M jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020. Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Fachrul Razi, di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta, Jumat (22/05). Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd didampingi Kabag TU Drs.H. Yasaroh menyampaikan selamat menjalankan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dengan sebaik-baiknya.

‘’Semoga amal ibadah puasa kita diterima disisi Allah SWT, serta menjadi hamba yang bertaqwa,’’ kata Bustasar.

Bustasar yang menjelaskan pernyataan Menag mengatakan, sidang menyepakati keputusan tersebut karena dua hal. "Pertama, telah mendengar paparan Tim Falakiyah Kemenag yang menyatakan tinggi hilal di seluruh Indonesia di bawah ufuk, yaitu berkisar dari minus 5,29 sampai dengan minus 3,96 derajat," kata Bustasar memperjelaskan pernyataan Menag. 

Pada tahun ini,dijelaskan Bustasar, rukyah dilaksanakan Kemenag pada 80 titik di Indonesia. ‘’Mulai dari provinsi Aceh hingga Papua. Di 80 titik tersebut, tidak ada satu pun perukyah dapat melihat hilal. Begitujuga di Provinsi Bengkulu. Karena tertutup awan, juga tidak terlihat," ujar Bustasar.

Karena dua alasan tersebut, Bustasar mempertegaskan pernyataan Menag RI, Sidang Isbat menyepakati untuk mengistikmalkan (menyempurnakan) bulan Ramadan menjadi 30 hari sehingga tanggal 1 Syawal 1441H jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020. ‘’Sekali lagi, kami atas nama Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri kepada umat muslim di Provinsi Bengkulu,’’ imbuh Bustasar lagi.

Diakhir penyampaiannya, Bustasar juga berpesan kepada umat muslim agar tetap melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri di rumah masing-masing bersama keluarga. Menjaga pola hidup sehat, menggunakan masker saat berpergian. Dan yang terpenting memohon doa, semoga Allah SWT segera mengangkat pandemi Covid 19. ‘’Mari kita berdoa, semoga virus corona ini segera berakhir,’’ demikian Bustasar.(Tatang)

Bagikan :