Kasi Bimas Islam: 394 Masjid dan Mushalla Masih Aktif Laksanakan Tarawih Berjamaah

Kasi Bimas Islam: 394 Masjid dan Mushalla Masih Aktif Laksanakan Tarawih Berjamaah

Mukomuko (Inmas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko melalui Kasi Bimas Islam, H. Peri Irawan, S. HI mengungkapkan masih ada sekitar 394 masjid dan mushalla yang menggelar salat tarawih berjamaah.

Padahal sudah ada surat edaran larangan untuk melakukan kegiatan di rumah ibadah. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko Nomor 1205/Kk.07.05.5/BA.00/04/2020 tanggal 20 April 2020. Tak hanya itu, terdapat pula Surat Edaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengatakan salat Tarawih digelar di rumah selama pandemi Covid-19.

''Setelah kita survei ternyata masih banyaknya masjid dan mushalla di Kabupaten Mukomuko yang menggelar salat Tarawih berjamaah. Data ini dikumpulkan dari setiap Kepala Urusan Agama (KUA) Kecamatan melalui Seksi Bimas Islam. Total masjid yang terdata adalah 523 masjid dan mushalla yang tersebar di Kabupaten Mukomuko,'' katanya.

Dari 523 masjid/mushalla tersebut, 432 masih melaksanakan sholat fardhu, 394 masjid/mushalla masih melaksanakan sholat tarawih berjamaah.

Tak hanya salat Tarawih, Peri Irawan juga mengatakan masjid yang menggelar salat Jumat berjamaah masih banyak. "Kemarin itu saat hari Jumat masih ada beberapa masjid yang melaksanakan salat Jumat," ungkapnya.

Karena itu, Peri Irawan mengatakan akan menyampaikan kepada Kepala, akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk meminta kegiatan ibadah termasuk sholat fardhu dan sholat tarawih di rumah saja, hal bertujuan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 khususnya di Kabupaten Mukomuko.

Namun karena berkaitan dengan urusan agama, pendekatan yang dilakukan haruslah baik agar bisa diterima. "Agama ini kan memang sangat sensitif ya. Bicara soal ibadah ini kan memang kita harus hati-hati," pungkasnya. (Elan)

Bagikan :