Bekali Pendidikan Karakter, Siswa MTsN 2 Mukomuko Saksikan Tayangan 'Syiar Madrasah'

Bekali Pendidikan Karakter, Siswa MTsN 2 Mukomuko Saksikan Tayangan 'Syiar Madrasah'

CURUP (INMAS) - Memberikan bekal pendidikan karakter bagi siswa madrasah selama bulan Ramadan 1441 karena kondisi darurat Covid-19, MTsN 2 Mukomuko mengimbau kepada seluruh siswanya untuk menyaksikan layanan program TV "Syiar Madrasah" yang tayang di Metro TV. Imbauan tersebut diberikan atas dasar surat edaran yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 281/Dj. I/Dt. I. I/HM. 01/04/2020 beberapa hari yang lalu.

Indah Kurniawati salah satu siswa MTsN 2 Mukomuko mengaku cukup terbantu belajarnya di rumah dengan adanya tayangan tersebut. "Belajar lewat TV kadang susah fokusnya. Tapi acara di tv itu cukup membantu disaat kondisi sedang ada virus Corona," tuturnya, Senin (27/04/2020) sore.

Selain menyaksikan, sesuai isi dari imbauan tersebut siswa juga diwajibkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan di antaranya menyusun ringkasan dan menyimpulkan  isi ceramah "Syiar Madrasah" setiap hari. Selain itu,  siswa juga  diharuskan memberikan laporan hasil ringkasan/kesimpulan yang ditandatangani oleh orangtua pada setiap hari dan diserahkan kepada guru / wali kelas  sebagai bahan penilaian aktivitas Ramadan di setiap madrasah.

''Untuk hari pertama Indah dan kawan-kawan sekelasnya berhasil meringkas ceramah yang berjudul hubungan dengan non muslim yang disampaikan oleh ustad Dr. Uril Baharuddin,'' tambahnya.

Pihak madrasah berharap tayangan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh siswa sebagai sarana belajar di rumah dan untuk mengisi suasana bulan Ramadan dengan aktivitas yang positif upaya meningkatkan pendidikan karakter selama bulan ramadan.

Bagikan :