Dalam Situasi Pandemik COVID-19 TPG PAI Tetap Cair

Dalam Situasi Pandemik COVID-19 TPG PAI Tetap Cair

Kota Bengkulu (Inmas) 21/04 – Pelaksanaan penerima Tunjangan Profesi Guru (TPG) Pendidikan Agama Islam (PAI) PNS dan NON PNS dimasa PAndemik Covid-19  tetap dilakukan pencairan. Hal ini disampaikan oleh Kasi PAI Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu di selah-selah pemberkasan TPG yang berlangsung bertempat di  Kantor Kemenag Kota Bengkulu di Bentiring, Senin 14 April 2020.

Kepala Seksi PAI  Kemenag Kota Bengkulu, Dr. Fahrurrazi, M. Si dalam hal ini mengatakan bahwa Pendidikan Agama Islam di sekolah baik, PAUD/TK, SD, SLB, SMP, SMA dan SMK memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak didik. Untuk tahun berjalan ini,  guru yang mendapatkan TPG berjumlah 158 orang guru dari tingkat, PAUD/TK, SD, SLB, SMP, SMK dan SMA se- Kota Bengkulu.

“Guru PAI memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak didik, maka harus mampu membaca situasi perkembangan zaman terutama gejala pergaulan dan tingkah laku generasi muda. Sehingga guru PAI akan mampu menyusun formulasi ataupun pendekatan yang tepat dalam pembelajaran. Melalui metodologi yang pas dan cocok, maka tujuan pembelajaran agama Islam bisa tercapai,” Kata Dr. Fahrurrazi, M. Si.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Dr. Fahrurrazi, M. Si., agar guru dalam pembelajaran Study at Home (pembelajaran dirumah), tidak ketinggalan informasi maka guru harus bisa memanfaatkan teknologi.  Karena dengan teknologi manusia terus dan akan terus berkembang, begitu pula dengan pola maupun teknik pembelajaran agama Islam di sekolah. Dalam masa Pandemik Covid-19 ini pembelajaran dilakukan dirumah, maka guru diharapkan dapat memanfaatkan media pembelajaran secara on line atau dalam bentuk lain. Sehingga siswa - siswa tersebut tidak ketinggaan pembelajarannya. Dalam arti lain siswa tersebut masih melaksanakan pembelajaran study at home.
Dr. Fahrurrazi, M. Si. menambahkan, sebagai  pendidik  agama Islam harus mampu menyusun strategi pembelajaran sesuai  perkembangan zaman. Sehingga para siswa akan cepat atau mudah memahami materi yang disampaikan. Jangan sampai sebagai tenaga pendidik kalah cepat memperoleh informasi dengan siswanya.
“Dengan  pola pikir yang maju, guru PAI diharapkan akan terus meningkat kualitas kinerjanya. Yang endingnya akan tercipta generasi muda yang cerdas yang berlandaskan iman dan takwa,” lanjutnya.

Dr. Fahrurrazi, M. Si juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh guru PAI di Kota Bengkulu, yang telah berperan aktif dalam  peningkatan prestasi belajar siswa, ia juga menekankan agar para guru selalu bersemangat dalam mengajar dan selalu meningkatkan kompetensinya,  
“Saya mengingatkan agar peran aktif kepala sekolah dan semua guru perlu ditingkatkan, agar tujuan proses belajar mengajar bisa berdampak positif kepada para siswa,”

Sementara itu juga beliau berpesan agar semua guru PAI dapat melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya, berkaitan dengan TPG ia juga memohon agar dalam hal proses pencairannya sesuai dengan juknis yang ada,
“ Harapannya semua TPG bisa dicairkan semua , untuk itu yang berkaitan  persyaratan pencairan, evaluasi, maupun pelaporannya untuk dilengkapi,”. (Fahrurrazi/Popi)

Bagikan :