Pembelajaran Home Schooling PAI pada Masa COVID-19

Pembelajaran <i>Home Schooling</i> PAI pada Masa COVID-19

Kota Bengkulu (Inmas) 21/04 - Wabah virus Corona (Covid- 19) saat ini juga telah melanda Kota Bengkulu. Maka pemerintah daerah (Pemda) dalam hal ini Wali Kota Bengkulu telah meliburkan semua sekolah di setiap jenjang atau menerapkan program belajar di rumah.

Menyikapi hal tersebut, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI tingkat SD yang diketuai oleh Bapak Erzon Mahyudi, M. Pd. I. menyampaikan, bahwa untuk pembelajaran PAI di sekolah setiap jenjang di fasilitasi oleh TV lokal yang berada di Kota Bengkulu yaitu RBTV, BETV dan TVRI.

Pembelajaran tersebut menurut beliau dinamakan Home Schooling Bahagia yang memiliki tujuan agar pembelajaran PAI tersampaikan dengan utuh dan materi disampaikan pun disesuaikan dengan kondisi sekarang dalam situasi wabah Covid 19.

Erzon Mahyudi, M. Pd. I. merupakan guru terbaik bidang studi PAI yang mengajar di SDN 1 Kota Bengkulu, pada tanggal 17 April 2020 telah memberikan materi perdana di RBTV yang disiarkan secara LIVE pada Pukul 08.00 sd 10.00 Wib. Dengan menggambil Tema Dzikir dan Doa. Dalam penyampaian tersebut Bapak Erzon menyampaikan, bahwa dalam mensikapi terjadi nya wabah ini anak-anak harus selalu senantiasa berdzikir dan berdo’a.

Dzikir dapat dilakukan dalam keadaan berdiri, duduk ataupun berbaring, dimanapun kita berada.  Berdzikir juga akan membuat hati kita menjadi tentram. Dan dalam penyampaian tersebut Bapak Erzon juga berpesan kepada anak – anak untuk selalu berdoa agar wabah virus Covid 19 ini segera berakhir. Sehingga kita terhindar dari mara bahaya serta  dijauhkan dari sifat sombong/angkuh.

Dalam kesempatan ini juga Kasi PAI Kantor Kemenag Kota Bengkulu, Dr. Fahrurrazi, M. Si. menyampaikan bahwa apa yang telah dilakukan oleh FKG PAI sangat baik. Semoga apa yang disampaikan, dapat disimak oleh peserta didik melalui pembelajaran online dirumah.  

Kasi PAI Kantor Kemenag Kota Bengkulu, Dr. Fahrurrazi, M. Si. juga menyampaikan bahwa pembelajaran bidang studi PAI tetap tersampaikan melalui  Media TV dalam hal ini RBTV. Dan manfaat pada siswa - siswi yang belajar langsung melalui media televisi/online ini juga  dapat mengurangi rasa jenuh bagi peserta didik yang sudah lama tidak masuk sekolah, untuk menghindari penyebaran wabah virus Covid-19.

Terpisah, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M. Pd menyampaikan, bahwa pembelajaran home schooling yang dilakukan guru PAI Kota Bengkulu ini sangat baik dan dapat dijadikan sebagai pembelajaran alternatif dalam masa wabah Virus Covid 19 ini. Beliau berpesan kepada Kasi PAI Kemenag Kota Bengkulu, bahwa program ini sudah sangat tepat, dan beliau mengapresiasi adanya  Inovasi dalam menyampaikan materi pembelajaran PAI di Kota Bengkulu. (Fahrurrazi/Popi)

Bagikan :