Ujian Akhir Ditiadakan, MIN 4 Adakan Tugas Pengganti Ujian Akhir

Ujian Akhir Ditiadakan, MIN 4 Adakan Tugas Pengganti Ujian Akhir

Bengkulu (Inmas) - Dalam memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk tidak melaksanakan Ujian Akhir. Menyikapi hal ini, MIN 4 Bengkulu Tengah mengambil kebijakan untuk melaksanakan tugas pengganti ujian akhri (20 April 2020).

Penyerahan soal tugas dilaksanakan dengan mengikuti prosedur pencegahan covid-19. Beberapa siswa menerima soal melalui aplikasi WA. Sementara, beberapa siswa lainnya diambilkan oleh orang tua mereka di sekolah. Hal ini karena sebagian siswa tidak memilki android dan tidak ada akses internet. Penyerahan soal ini memang sudah diinformasikan ke siswa beberapa hari sebelumnya.

Wali Kelas VI (enam) Senang Purwani, S.Pd mengatakan, “Kita mengumpulkan semua kontak siswa. Tapi ada beberapa siswa yang hanya bisa di hubungi melalui sms, sehingga file tugas tidak bisa dikirim. Sehingga, kita menginformasikan agar orang tua mereka mengambil ke sekolah”.

Lebih lanjut senang menjelaskan, “semua siswa kelas VI MIN 4 Benteng sudah menerima tugas mereka. Pelaksanaan tugas pengganti ujian akhir  ini akan dikerjakan siswa di rumah masing-masing. Siswa diberikan waktu 1 (satu) minggu untuk meneyelesaikan tugas tersebut. Tugas ini dirancang agar bisa diselesaikan siswa di rumah secara mandiri, tanpa harus keluar rumah”.

Pelaksanaan tugas pengganti ujian akhir ini sesuai dengan hasil rapat kepala madrasah bersama dewan guru MIN 4 Bengkulu Tengah pada tanggal 07 April lalu. Kepala MIN 4 Anita Utame Nensi, S.Pd menjelaskan, “Peran aktif dan dukungan wali siswa sangat kmi butuhkan. Pemberian tugas ini dilakukan agar siswa tetap belajar dirumah dan menjadi penilaian tambahan untuk kelulusan siswa dalam kondisi yang seperti sekarang ini”.

Anita berharap, Semoga pelaksanaan tugas ini dapat berjalan baik. Semoga siswa-siswa kita menikmati pelaksanaan belajar dirumah dan tidak terlalu terbebani dengan tugas mereka, walaupun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya . (Yoga P)

Bagikan :