Tentukan Zakat Fitrah Pengganti dengan Uang, Ka. KUA Pondok Suguh Survei Harga Beras

Tentukan Zakat Fitrah Pengganti dengan Uang, Ka. KUA Pondok Suguh Survei Harga Beras

Mukomuko (Informasi dan Humas) - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pondok Suguh Drs. H. Sumardi, M.Pd melakukan survey harga beras di beberapa tokoh jualan beras di kecamatan Pondok Suguh guna untuk mendukung penetapan zakat fitrah oengganti dengan uang untuk tahun 1441 H/2020 M yang akan dimulai pembayarannya diawal bulan Ramadhan mendatang.

Survey harga beras ini dilakukannya pada hari Jum,at 17 April 2020 pukul, 07.30 Wib di beberapa tokoh beras dipasar Kecamatan Pondok Suguh. Harga beras di toko toko dan lapak para pedagang beras eceran di pasar mingguan pasar Tunggang Desa Karya Mulya  Kecanatan Pondok Sugu hari ini,

Dari hasil survei yg dilakukan disimpulkan beras dari berbagai merek dan jenis, terdiri dari tiga kualitas yakni  super, sedang dan rendah, untuk beras super per kg.Rp. 14.000/Kg kualtas sedang Rp. 12.000/Kg dan kualitas Rendah Rp. 10.000/Kg, ''Semoga dari hasil surpe ini menjadi bahan pertimbangan dalam rafat penetapan qimad zakat yg akan dilaksanakan nantI,'' ungkap H. Sumardi.

Kepala KUA Kecamatan Pondok Suguh berharap agar penetapan standar harga dan besaran zakat fitrah pengganti dengan uang ini dapat diputuskan secepatnya mengingat suasana Covid -19 ini akan membuat para amil zakt menjadi was-was jika masyarakat secara bersamaan menyetor atau mengumpul zakat fitrahnya datang secara bersamaan. Tapi jika pengumpulan zakat fitrah ini dimulai sejak awal Ramadhan nanti tentunya masyarakat tidak datang secara bersamaan mengumpulkan zakatnya kepada amil. (Elan)

Bagikan :