Ka.KanKemenag MM : Laksanakan Shalat Tarawih dan Tadarusan Di Rumah

Ka.KanKemenag MM : Laksanakan Shalat Tarawih dan Tadarusan Di Rumah

Mukomuko (Informasi dan Humas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko Drs. H. Ajamalus, MH menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Mukomuko, khususnya umat Islam  untuk melaksanakan Shalat Tarawih dan Tadarus Al Qur’an di rumah masing-masing bersama keluarga demi untuk menghindari penyebaran dan penularan Covid-19 yang sedang kita hadapi sekarang ini.

''Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 6 tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan  dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H   ditengah Pendemi Wabah Covid-19, dimana salah satunya yang perlu kita perhatikan dan kita patuhi adalah himbauan untuk melaksanakan shalat sunnah Tarawih dan Tadarus Al Qur’an di rumah bersama keluarga,'' katanya.

Menurut Ajamalus, dalam kondisi dan situasi pendemi Covid-19 ini, dia meminta semua harus menahan diri untuk tidak melakukan sesuatu yang akan berakibat fatal dan berbahaya, baik terhadap diri sendiri maupuan orang lain disekitar, karena virus corona ini tidak bisa melihatnya dengan mata telanjang.

'' Sehingga kita tidak tahu apakah disekitar dan sekeliling kita virus itu ada atau tidak atau mungkin saja kita sendiri yang membawa virus tersebut yang mengakibatkan orang lain tertular melalui kita. Oleh karena itu untuk menghindari keraguan itu, agama Islam menganjurkan untuk menghindari atau menjauhi hal-hal yang kemungkinaan besar akan membawa mudharat bagi kita sendiri dan orang lain,'' tegasnya.

Insya Allah pelaksanaan ibadah dalam masa pendemi Covid-19 yang dilaksanakan dengan ikhlas akan Allah berikan limpahan pahala yang berlipat ganda, walaupun kita laksanakan di rumah masing-masing. Untuk menambah nilai pahala ibadah kita di rumah. 

''Maka perbanyaklah amalan-amalan sunnah lainnya bersama anggota keluarga tercinta, dan perlu saya tegaskan bahwa justru melaksanakan ibadah dirumah masing-masing dalam situasi tanggap darurat Covid-19 ini merupakan cerminan kasih sayang kita kepada anggota keluarga dan kepada orang lain, karena kita sudah berupaya untuk menjaganya agar tidak tertular oleh virus corona ini,'' ajaknya lagi.

Oleh karena itu dengan tidak melaksanakan shalat sunnah Tarawih dan Tadarus Al Qur’an di masjid/mushalla secara berjamaah, melainkan dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga berarti kita sudah melakukan upaya Preventif  mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.(Elan).

Bagikan :