Antisipasi Kebosanan Siswa, Guru MAN 2 Mukomuko Berikan Quiz Melalui APlikasi Quizizz

Antisipasi Kebosanan Siswa, Guru MAN 2 Mukomuko Berikan Quiz Melalui APlikasi Quizizz

Mukomuko (Inmas) - Guru Bahasa Arab MAN 2 Mukomuko Isma Julita, S.Pd.I mencoba memberikan suasana baru dalam proses KBM online. Selama ini Isma hanya mengandalkan komunikasi dan proses KBM melalui Group WA dan ada keinginan mencoba menggunakan zoom video meeting.

Penggunaan aplikasi zoom, ternyata tidak direspon positif oleh seluruh siswa. hanya sebagian siswa yang bisa mengikutinya. tentus aja selain faktor kekuatan sinyal, faktor kuota internet juga menjadi kendala.

Dalam evaluasinya, Isma menilai bahwa siswa mulai merasa jenuh dengan adanya kebijakan belajar di rumah ini. Bahkan, dalam istilah siswa mereka menyebutnya "Derita Libur Corona" sebagai bentuk ekspresi kejenuhan. "Siswa mulai mengeluh bosan dengan sistem pembelajaran yang diterapkan beberapa guru mata pelajaran yang secara umum lebih memilih memanfaatkan group WA kelas," ujar Isma.

Selama pemberlakuan Work From Home dan belajar jarak jauh, memang tidak hanya siswa yang harus memikirkan tugas atau materi pembelajaran. Guru pun juga harus ekstra keras dalam memikirkan materi dan metodolgi pembelajaran yang tepat.

Setelah mengirim materi melalui group WA kelas, baik dalam bentuk Video, naskah PDF maupun rekaman audio yang dikirim melalui group WA kelas, Isma mencoba memberikan penilaian harian untuk menilai perkembangan peserta didik. Penilaian ini oleh Isma diberikan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di Aplikasi Online yaitu Quizizz.

"Semoga dengan variasi pembelajaran, siswa bisa lebih enjoy dalam menjalani proses KBM ini." tutup Isma yang sekaligus menjabat sebagai Waka Kesiswaan di MAN 2 Mukomuko,'' katanya. (arman)

Bagikan :