Darurat Covid-19, Ka.KanKemenag MM Komitmen Pantau Pergerakan Jamaah Tabligh

Darurat Covid-19, Ka.KanKemenag MM Komitmen Pantau Pergerakan Jamaah Tabligh

Mukomuko (Informasi dan Humas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko Drs. H. Ajamalus, MH berserta jajarannya siap berkomitmen memantau aktivitas kegiatan keagamaan, terutama menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1441 H. Hal ini dilakukan untuk mencegah penumpukan jamaah disuatu tempat melalui kegiatan keagaman yang dapat menimbulkan resiko tinggi dalam penyebaran Covid-19 dikalangan masyarakat. Seperti pergerakan dan kegiatan jamaah tabligh. 

''Menurut kebiasaannya beberapa jamaah, pindah dari  masjid ke masjid dan bermukim/bermalam di masjid beberapa hari dan biasa setiap masjid mereka bermalam/bermukim selama tiga hari,'' katanya.

Dalam kesempatan itu, Ajamalus menegaskan bahwa Kemenag melalui surat Nomor 1102/Kk.05.5/HM.03/4/2020 tanggal 02 April 2020 Perihal Permintaan Data Jamaah Tabligh, telah memerintahkan seluruh Kepala KUA Kecamatan berserta Penyuluh Agama Islam untuk memantau dan mendata secara riil keberadaan jamaah tabligh diwilayah masing-masing terutama menjelang masuknya bulan suci ramadhan 1441 H ini.

''Setelah dilakukan pendataan oleh masing-masing Kepala KUA Kecamatan, sampai saat ini tidak ada aktivitas jamaah tabligh melakukan safari dakwah diwillayah Kabupaten Mukomuko, dan terkait hal ini sudah dilaporkan kepada Ketua Gugus Pencegahan Pneyebaran Covid-19 Kabupaten Mukomuko yang diketuai langsung oleh Sekretaris Daerah Drs. H. Marjohan,'' jelasnya.

Ditambahkan Kepala Kemenag mukomuko, mereka jamaah tabligh sekarang tidak melakukan safari dakwah, mereka menetap dirumahnya masing-masing dan melakukan ibadah seperti halnya jamaah dan umat Islam lainnya.  ''Mereka sudah diberikan pengertian dan pemahaman tentang kebijakan pemerintah untuk tidak berkumpul dengan jumlah banyak dalam kegiatan apaupun demi menghindari dan mencegah penyebaran Covid-19,'' demikian Ajamalus menjelaskan. (Elan)

Bagikan :