Gandeng Kemenag, DMI Serahkan Bantuan Alat Kebersihan Masjid

Gandeng Kemenag, DMI Serahkan Bantuan Alat Kebersihan Masjid

Mukomuko (Inmas) - Mengandeng Kemenag Kabupaten Mukomuko. DMI membagikan alat kebersihan. Sebanyak 165 paket alat kebersihan tersebut dibagikan ke setiap masjid yang ada di 148 desa dan 3 Kelurahan di Kabupaten Mukomuko.

Ketua DMI Mukomuko, Drs. H. Harmaini mengatakan bantuan itu diberikan sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah virus corona atau covid – 19 di Mukomuko. Dimana saat ini DMI Pusat mengintruksikan pengurus DMI yang ada di wilayah untuk menggalakkan gerakan bersih masjid.

‘’Gerakan membersihkan masjid harus diutamakan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona di tempat ibadah. Untuk di masjid harus lebih cepat mengantisipasi wabah ini sebelum menyebar dan semakin berbahaya. Karena kalau sudah menyebar virus ini akan semakin sulit diatasi, penyebarannya sangat mudah dan cepat,’’ jelas Harmaini.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Mukomuko, Drs. H. Ajamalus, MH dengan ini menyampaikan, bantuan disinfektan dan peralatan kebersihan akan dibagikan langsungke Masjid melalui KUA. Mengingat jumlah masjid di daerah ini cukup banyak sehingga perlu adanya bentuk kerjasama antara Kemenag dan DMI.

‘’Untuk penyaluran bantuan disinfektan DMI melibatkan Kankemenag mengingat jumlah masjid di daerah ini banyak. Bantuan yang telah disalurkan kemarin diambil masing – masing Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan. Selanjutnya pihak KUA akan membagikan ke setiap masjid," Tandas Ajamalus.

Sebelumnya pihaknya juga telah menghimbaukan pada pengurus masjid daerah ini untuk lebih rajin membersihkan masjid, seperti karpet dan lantai masjid serta menyediakan hand sanitizer. ''Sedangkan untuk para jemaah kami intruksikan agar membawa sajadah atau sapu tangan kain yang bersih untuk dijadikan alas sejadah untuk sholat dimasjid,’’ tutup Ajamalus.

Selain Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko, Drs. H. Ajamalus, MH, juga ikut mendampingi oleh Ketua DMI Kabupaten Mukomuko, Drs. H. Harmaini. Dalam pembagian tersebut dihadiri juga oleh Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam dan Kepala KUA se-Kabupaten Mukomuko. (Elan)

Bagikan :