Pembelajaran Online, Hikmah Di Balik Musibah Covid-19.

Pembelajaran Online, Hikmah Di Balik Musibah Covid-19.

Seluma (Inmas) – MAN Seluma, Pandemi corona virus atau yang lebih dikenal dengan covid-19 belum juga usai. Pemerintah  telah menginstruksikan agar  lembaga pendidikan mengambil peran dalam memutuskan mata rantai penyebarannya.

Selama masa darurat covid-19 ini, pelaksanaan  penyelenggaraan pendidikan di MAN Seluma untuk sementara waktu dihentikan. Kondisi ini tidak menjadikan para pendidik dan peserta didik libur dari kewajibannya.

Sudah masuk pekan kedua sejak ditetapkannya kebijakan tersebut, proses pembelajaran tidak berhenti. Berbagai aplikasi belajar dimanfaatkan oleh para tenaga pendidik agar tetap dapat terhubung dengan para peserta didik, baik secara lisan maupun tertulis. Para pendidik MAN Seluma berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan tanpa harus membebani para peserta didik.

Berdasarkan pantauan selama 1 pekan ini, para peserta didik tampak aktif menyelesaikan tugas-tugas dan mendengarkan arahan dari para pendidik dalam ruang belajar online. Walaupun ada beberapa siswa yang masih belum bisa bergabung dikarenakan kendala alat komunikasi dan sarana prasarana lain yang terbatas. Tetapi para peserta didik tetap berupaya mendapatkan informasi.

Kepala MAN Seluma, Faisal Abdul Aziz, M.Ag., menyampaikan pesannya agar tugas-tugas yang diberikan kepada para peserta didik jangan sampai memberatkan karena tujuan belajar dari rumah (learn from home) ini supaya siswa tetap dalam kondisi belajar dan komunikasi antara pendidik dan peserta didik selalu terjalin. Sehingga kita tetap dapat memantau dan mengetahui informasi tentang keadaan dan keberadaan siswa kita.

Kepala madrasah mendorong para pendidik agar tetap solid dan bersemangat serta dapat menularkan semangat tersebut kepada para peserta didiknya.

Terakhir, beliau menyampaikan bahwa ada hikmah di balik musibah covid-19 tersebut, yaitu para pendidik dan peserta didik sejagad raya ini dapat menerapkan pembelajaran online, yg selama ini mungkin nyaris tak disentuh. Terimakasih, wahai covid-19.

Belajar dari rumah, madrasah bisa! (UG)

Bagikan :