Guru MIN 1 Kota Bengkulu Mengajar Via Aplikasi Online

Guru MIN 1 Kota Bengkulu Mengajar Via Aplikasi Online

Kota Bengkulu (Inmas), Dalam rangka menindak lanjuti diliburkannya kegiatan belajar dan mengajar (KBM) di Madrasah sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus Corona/Covid-19, dewan guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Bengkulu tetap mengadakan proses pembelajaran kepada siswa melalui (Via) aplikasi online. 

Kepala Madrasah (Kamad) MIN 1 Kota Bengkulu, Eva Susanti, M.Pd mengatakan sistem pembelajaran via aplikasi online merupakan pilihan alternatif agar proses pembelajaran dapat berjalan meski tidak dilaksanakan di Madrasah.

“Seluruh dewan guru telah diinstruksikan untuk tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran kepada siswa, dan pembelajaran via aplikasi online ini merupakan alternatif pilihan yang kita gunakan agar proses belajar mengajar tetap dapat berjalan meski tidak dilakukan di Madrasah”. Kata Eva Susanti.

Salah seorang guru MIN 1 Kota Bengkulu, Rosmaniah, M.T.Pd mengatakan, “Meski dalam keadaan seperti ini, kita tetap melaksanakan proses belajar mengajar guna melanjutkan materi pembelajaran kepada siswa yakni dengan cara belajar jarak jauh melalui apkikasi online”.

Rosmaniah menambahkan, belajar via aplikasi online antara siswa dan dewan guru masih dapat berinteraksi dalam proses pembelajaran meski tidak dilaksanakan di dalam kelas dan guru dapat memantau dan memberikan materi pelajaran serta tugas kepada siswa.

“Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan diantaranya grup chatting WhatsApp, Google Classroom, Google Form, dan Microsoft form. Belajar secara online via aplikasi tersebut ukup membantu interaksi belajar antara guru dan siswa”. Tambah Rosmaniah.

Proses pembelajaran via aplikasi online adalah salah satu langkah inovatif yang dilakukan dewan guru MIN 1 Kota Bengkulu sebagai pilihan alternatif pasca diberlakukannya libur sekolah sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah virus corona/covid-19.

Eva Susanti berharap proses belajar dan mengajar yang dilakasanakan dari rumah ini dapat berjalan baik dan penggunaan berbagai aplikasi online ini dapat menjadi alternatif pilihan.

“Disini peran dan dukungan orang tua/wali siswa sangat kita harapkan agar proses pembelajaran via aplikasi online ini dapat berjalan dan terlaksana dengan baik. Dan semoga penyebaran virus corona ini cepat selesasi sehingga siswa dan guru dapat kembali melakukan proses KBM di Madrasah”. Demikian Eva Susanti. (Randi)

Bagikan :