Tanggap Corona, MAN Seluma Gelar Sosialisasi dan Do’a Bersama

Tanggap Corona, MAN Seluma Gelar Sosialisasi dan Do’a Bersama

Seluma (Inmas) – Sebagai wujud usaha preventif terhadap penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) yang sangat massive dan meresahkan dunia saat ini, keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri Seluma Kabupaten Seluma mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Do’a Bersama pada hari Senin, Maret 2020 yang langsung di pimpin oleh Kepala MAN Seluma.

Kegiatan Sosialisasi dan Do’a Bersama ini dihadiri oleh Kepala Madrasah,  majlis guru, dan seluruh siswa kelas XII yang saat ini sedang mengikuti rangkaian kegiatan Ujian Madrasah (UM). Dalam paparannya, Kepala Madrasah, Faisal Abdul Aziz, M.Ag., mengharapkan agar seluruh warga madrasah dapat menyikapi  penyebaran Covid-19 ini dengan bijak.

“Kita harus  menyikapi penyebaran wabah Covid-19 (Corona Virus Disease  - 19) ini dengan bijak. Takut tentu boleh, tapi jangan berlebihan. Mari kita serahkan segalanya kepada Allah, Dzat yang Maha Kuasa.” Ujar beliau.

Kepala Madrasah, yang akrab dipanggil Abi ini, juga turut prihatin melihat kondisi masjid yang sepi karena wabah virus dengan efek domino ini.

“Di mana-mana masjid menjadi sepi karena efek Corona. Tapi kita tentu tidak bisa menyalahkan jamaah, karena rasa takut dan khawatir adalah suatu hal yang sangat manusiawi.” Papar Abi

Di sisi lain, Kepala Madrasah juga menyampaikan beberapa kiat penting  sebagai usaha pencegahan dini terhadap Covid – 19,  seperti; mengurangi intensitas kontak langsung dengan orang lain, menjaga kebersihan badan dan lingkungan, mengkonsumsi makanan yang bergizi, dan senantiasa menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga.

Terkait dengan kondisi sekolah-sekolah umum di bawah naungan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga yang telah meliburkan siswa-siswanya. Kepala madrasah menegaskan bahwa seluruh madrasah di bawah naungan Kementerian Agama juga diliburkan. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran dari Menteri Agama tanggal 16 Maret 2020.

“Ya, kita senantiasa berpatokan kepada aturan yang dapat kita jadikan konsideran untuk menetapkan sebuah keputusan. Dalam hal ini, Surat Edaran dari Menteri Agama tertanggal 16 Maret 2020 sebagai rujukan. Berdasarkan petunjuk dalam Edaran tersebut maka proses belajar dan mengajar di madrasah diliburkan", tegas Faisal.

Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan do’a bersama. Do’a bersama ini dipimpin langsung oleh Kepala MAN Seluma, Faisal Abdul Aziz, M.Ag. (IAs-B)

Bagikan :