Kemenag Bengkulu Lakukan 6 Langkah Kongkrit Pencegahan Covid-19

Kemenag Bengkulu Lakukan 6 Langkah Kongkrit Pencegahan Covid-19

Bengkulu (Inmas)- Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu melakukan enam langkah kongkrit sebagai upaya pencegahan dini terhadap penyebaran virus Covid-19 (Corona) khususnya di Provinsi Bengkulu.

    "Langkah ini kami ambil sebagai upaya siaga darurat Virus Corona yang ditetapkan pemerintah," Kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Drs.H.Bustasar MS,M.Pd saat melakukan dialog terkait pencegahan virus Corona bersama RRI Bengkulu, Kamis (19/3).

    Didampingi Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Drs.H.Hamdani,M.Pd dan Kepala Bidang Penais Zawa, Drs.H.M.Sholeh,M.Pd, Ka.Kanwil memaparkan bahwa Kementerian Agama setidaknya telah melakukan enam langkah pencegahan dini virus corona meliputi:

    Pertama Menghimbau kepada seluruh lembaga pendidikan dibawah naungan Kementerian Agama (RA,TPQ,MDA,MI,MTs dan MA) untuk melakukan kegiatan balajar di rumah masing-masing serta tidak melakukan kegiatan-kegiatan pengumpulan massa dalam jumlah besar.

    Kedua Melakukukan penundaan pemberian izin bagi keberangkatan jamaah umroh, khususnya bagi travel-travel umroh yang ada di Provinsi Bengkulu.



    Ketiga, memastikan bahwa dampak dari penyebaran Virus Corona tidak berpengaruh terhadap proses keberangkatan Jamaah Haji tahun 2020. "Khusus proses keberangkatan jamaah haji akan terus berjalan termasuk rekruitmen calon petugas haji. Mudah-mudahan hingga hari H keberangkatan tidak ada masalah," ungkap Bustasar.

    Keempat Menghimbau kepada Pengurus Rumah-rumah ibadah untuk selalu menjaga kebersihan rumah ibadah, karena dengan tempat ibadah yang steril dan bersih akan menghambat penyebaran virus corona. "Silahkan tetap melaksanakan ibadah dirumah ibadah, namun yang terpenting adalah menjaga kebersihannya," paparnya.

    Kelima; Ka.Kanwil juga memastikan walaupun absensi pegawai Kementerian Agama hanya menggunakan absensi manual, semua layanan publik yang ada di Kementerian Agama akan tetap berjalan seperti biasa.

    Terakhir, Ka.Kanwil juga mengajak seluruh masyarakat Bengkulu untuk senantiasa berdoa, memohon perlindungan kepada Allah SWT untuk dijauhkan dari terpaparnya virus corona.

    "Mudah-mudahan dengan langkah-langkah ini akan mememberikan dampak yang positif bagi masyarakat Bengkulu, masyarakat tidak perlu panik, tetap jaga kesehatan dan kami sebagai bagian dari pemerintah bisa tetap memberikan layanan dengan baik" tutupnya. (jj)

    

Bagikan :