Muhadharah MAN Seluma Sebagai Upaya Mencetak Da’i-Da’iyah Handal

Muhadharah MAN Seluma Sebagai Upaya Mencetak Da’i-Da’iyah Handal

Seluma (Inmas) – MAN Seluma memfasilitasi para siswa-siswi untuk melatih Public Speaking melalui kegiatan Muhadharah, sehingga mewajibkan seluruh siswa-siswi untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Muhadharah sebagai wadah untuk menggali bakat dan kreatifitas siswa di bidang dakwah.

Muhadharah dilaksanakan setiap pagi Jumat untuk mengawali proses pembelajaran, yang bertempat di aula MAN Seluma. Petugas Muhadharah adalah para siswa-siswi setiap kelas secara bergiliran.  Kegiatan ini diawali dengan tilawatil Qur'an, dilanjutkan pembacaan Asmaul Husna dan shalawat Nabi, mufradat, ceramah, pengarahan dari pembina,  dan diakhiri dengan doa.

Melalui kegiatan ini dapat memantau peserta didik yang memiliki kemampuan berpidato atau kemampuan lainnya. Penilaian dari pembina Muhadharah dan juga dewan guru menjadi salah satu bahan masukan apabila nantinya terdapat kegiatan lomba atau MTQ yang memerlukan partisipasi dari siswa-siswi madrasah.

“Ternyata banyak siswa-siswi MAN Seluma yang berbakat, dan ini perlu terus diasah untuk melahirkan penceramah handal. Saya yakin MAN Seluma mampu bersaing di tingkat Provinsi bahkan tidak menutup kemungkinan di tingkat Nasional”, ujar Kepala Mansel Faisal Abdul Aziz, M.Ag. dalam pengarahannya.

Anisa’ul Qoni’ah, S.Th.I., selaku Pembina Muhadharah juga mengharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan dan melatih mental siswa-siswi untuk berani berbicara di depan umum yang nantinya akan berguna saat terjun di masyarakat, dan juga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. (Nisa)

Bagikan :