Menanggapi Penyebaran Corona, MIN 4 Benteng Ingatkan Siswa Untuk Terapkan PHBS

Menanggapi Penyebaran Corona, MIN 4 Benteng Ingatkan Siswa Untuk Terapkan PHBS

Bengkulu Tengah (Inmas) - Menanggapi penyebaran Virus Corona yang sekarang semakin ramai dibicarakan,  MIN 4 Bengkulu Tengah mengingatkan siswa untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (Senin, 16/03/2020).

Pesan ini disampaikan pembina Upacara, Karyono, S.Pd saat upacara rutin hari senin, di MIN 4 Benteng. Pesan ini disampaikan di depan semua siswa dan guru di MIN 4 Bengkulu Tengah.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

Pak Karyono mengaku, pesan PHBS ini memang perlu disampaikan ke semua warga sekolah, terutama siswa. Pesan PHBS yang sangat ditekankan adalah menjaga kebersihan badan dan pakaian. Tidak kalah pentingnya adalah mencuci tangan dengan sempurna.

Ditambahkan juga, siswa diminta untuk selalu berhati-hati. Jangan menyetuh muka atau makan sebelum mencuci tangan dengan sempurna. Utamakan dulu di rumah, menghindari keramaian dan menjaga jarak dengan orang yang sakit. Jika sakit, segera beri tahu guru, orang tua ataupun tenaga kesehatan.

“Kita tidak boleh panik, tetapi tetap waspada. Mencegah adalah jauh lebih baik daripada mengobati”, tutur Karyono.

Disamping menyampaikan secara langsung, karyono mengaku siswa akan selalu diawasi. Siswa akan selalu diingatkan akan pentingnya PHBS ini. Siswa juga akan dikontrol kesehatannya, walaupun sebatas mengamati secara lagsung, belum menggunakan alat. Jika ada yang terlihat kurang sehat, kita akan segera memberikan tindakan sesuai dengan keadaannya. (Yoga P).

Bagikan :