Ikuti Lokakarya, MIN 7 Mukomuko Mantapkan Program Pembinaan UKS & Dokter Kecil,

Ikuti Lokakarya, MIN 7 Mukomuko Mantapkan Program Pembinaan UKS & Dokter Kecil,

Mukomuko (Inmas) -Mengikuti kegiatan lokakarya yang merupakan agenda pertemuan lintas sektoral Triwulanan UPTD Puskesmas Air Manjunto, MIN 7 Kabupaten Mukomuko mengaku siap memantapkan kembali program pembinaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan dokter kecil di lingkungan madrasahnya. 

''Selama ini kami tidak tahu banyak tentang program yang ada, hanya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Madrasah oleh tim kesehatan memang sudah berjalan, seperti pembinaan UKS, dokter Kecil, penjaringan kesehatan dan BIAS. Dengan pemaparan ini, maka kita tahu peran dan fungsi sehingga dapat mengambil bagian dengan baik, demi kesehatan warga madrasah kita,'' kata Kamad Yuli.

Sementara itu, dr. Osar Pane dalam paparannya menjelaskan peran dan fungsi setiap sektor yang terlibat dalam bidang kesehatan di wilayah UPTD Puskesmas Air Manjunto. ''Berkaitan dengan agenda yang akan di gelar di sekolah/madrasah, Kepala UPTD Puskesmas Air Manjunto ini, kami sangat berharap kerjasama dalam mensukseskan program-program yang telah dijadwalkan,'' ujar Osar

Dalam acara pertemuan Lintas Sektor Triwulanan ini dihadiri oleh seluruh stakeholder yang ada di kecamatan Air Manjunto, baik dari unsur pemerintahan desa, Sekolah/Madrasah, PLKB Kecamatan serta Ka. KUA Kecamatan Air Manjunto. Selain pertemuan Lintas Sektor Triwulanan, juga diisi dengan sosialisasi pencegahan dan penanganan Virus Corona, yang akhir-akhir ini kian marak. Sebagai langkah antisipasi dini terhadap paparan Virus yang dikenal dengan Covid 19 ini.

''Upaya pencegahan yang  bisa dilakukan diantaranya, masyarakat disarankan untuk menjaga jarak, untuk menjauh setidaknya satu meter dari orang-orang, menghindari berjabat tangan atau menyentuh mulut, mata dan hidung, dan sering mencuci tangan karena langkah-langkah ini dapat membantu mencegah infeksi virus. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sangat dianjurkan untuk diterapkan,'' demikian dr. Osar. (YL)

Bagikan :