REMAJA ISLAM MASJID (RISMA) MENJADI PELOPOR REMAJA MASA KINI DI MAN SELUMA KABUPATEN SELUMA

REMAJA ISLAM MASJID (RISMA) MENJADI PELOPOR REMAJA MASA KINI DI MAN SELUMA KABUPATEN SELUMA

Seluma (Inmas) - Remaja Islam Masjid (RISMA) adalah perkumpulan pemuda masjid yang melakukan aktivitas sosial dan ibadah di lingkungan suatu masjid. Pembagian tugas dan wewenang dalam remaja masjid termasuk dalam golongan organisasi yang menggunakan konsep Islam dengan menerapkan asas musyawarah, mufakat, dan amal jama'i (gotong royong) dalam segenap aktifitasnya.

Keberadaan remaja masjid jangan sampai dipandang sebelah mata, tetapi harus diberikan pengakuan dan bimbingan supaya peran mereka dalam menangkis perilaku-perilaku negatif dapat berjalan. Seperti halnya RISMA Masjid Nurullah yang baru dikukuhkan di MAN Seluma pada hari Jum’at, 28 Februari 2020 yang lalu, dengan dinakhodai oleh Zolianda Putra, siswa kelas X dan di bawah binaan Bapak Sayudi Agriyanto, S.Pd. berupaya untuk mengambil peran tersebut.

"Saya secara pribadi sangat respek dengan keberadaan RISMA Masjid Nurullah, karena nantinya di tangan para remaja inilah perkembangan peradaban Islam akan dibangun dan berjaya”, ujar Kepala MAN Seluma Faisal Abdul Aziz, M.Ag., Senin (16/3)

Ia meyakini, organisasi RISMA di MAN Seluma memiliki potensi besar yang harus dikembangkan dalam berbagai bidang sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh civitas akademika MAN Seluma hingga lingkungan masyarakat.

Pembina RISMA Masjid Nurullah juga menuturkan bahwa Visi dan Misi dari RISMA ini nantinya akan menciptakan remaja Islam yang berwawasan luas, kreatif, dan bersolidaritas tinggi serta berakhlak mulia berdasarkan Iman dan Taqwa”, kata Sayudi Agriyanto, S.Pd.

Adapun program kegiatan yang akan dijalankan adalah Pertama, menjaga kebersihan tempat ibadah. Kedua, MABIT akbar. Ketiga, kajian Islami bulanan. Keempat, mengadakan kegiatan keagamaan di setiap Hari Besar Islam. Kelima, tadabbur alam. Keenam, mengadakan bakti sosial. Ketujuh, membentuk grub nasyid. Kedelapan, mengadakan lomba Islami antar kelas dalam menyambut tahun baru Islam. Kesembilan, buka bersama dan "Kampung Ramadhan" di bulan Ramadhan.

Risma Masjid Nurullah ini merupakan salah satu wadah yang tepat membentuk karakter Islami. Peran remaja masjid di MAN Seluma ke depan sangat penting untuk meningkatkan pemahaman sebagai filter guna menghadapi berbagai tantangan di era globalisasi yang penuh dengan perkembangan teknologi. (Wulan)

Bagikan :