Kenali Teknologi Sederhana Tepat Guna, Siswa MIN 5 Belajar Tanam Sistem Hidroponik

Kenali Teknologi Sederhana Tepat Guna, Siswa MIN 5 Belajar Tanam Sistem Hidroponik

Bengkulu Tengah (Inmas) - Ada berbagai cara untuk membuat lingkungan lebih sehat dan menyenangkan. Salah satunya melakukan praktek hidroponik di lingkungan sekolah seperti yang dilakukan oleh  MIN 5 Bengkulu Tengah.Para siswa di sela-sela aktivitas belajarnya menyempatkan belajar lebih jauh tentang bercocok tanam dengan cara hidroponik ini.( Rabu, 4-3-2020)

Kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya mengedukasi peserta didik untuk bercocok tanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dihalaman sekotar sekolah.

Zaudi Apion, S.Pd selaku guru yang bertanggung jawab dalam program hidroponik ini mengatakan kita menamam hidroponik ini memanfaat barang- barang bekas yang ada di sekitar lingkungan kita yakni ember bekas cat dan gelas aqua. Karena, selain menghemat dana kita dapat membuat lingkungan kita bersih dari tumpukan barang- barang yang tak dipakai lagi.

"Kita menggunakan cara yang mudah dipahami oleh siswa yakni metode rakit apung. Sistem ini tidak memerlukan peralatan yang rumit hanya memerlukan arang sekam saja. Bibit yang biasa ditamam biasanya sayuran dengan masa tanamnya singkat yakni kangkung, sawi, selada merah dan masih banyak lagi. " Ujarnya.

Kepala MIN 5 Benteng Lestari Sri Rejeki.S.Pd.S.Sos.I menjelaskan

Melalui kegiatan ini, pihak sekolah berharap agar peserta didik dapat memperoleh pengetahuan bagaimana cara menanam dan merawat tanaman agar tumbuh dengan baik.

"Semoga apa yang di pelajari tentang hidroponik ini dapat di terapkan di rumah masing- masing. Dengan menanam hidroponik para siswa tetap dapat bercocok tanam meski di lahan yang sempit" Tandasnya (Emi)

Bagikan :