Gelar Ngopi Bareng, Itjen Kemenag RI Kembali Kuatkan Peran Humas Kanwil

Gelar Ngopi Bareng, Itjen Kemenag RI Kembali Kuatkan Peran Humas Kanwil

Banten (Inmas) - Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI kembali menguatkan peran humas dijajaran Kanwil Kemenag se-Indonesia. Bukti kongkrit itu, Itjen menggelar acara "Ngopi Bareng" pegiat medsos pengawasan bidang pendidikan. Kegiatan yang mengambil tema "Monitoring Isu Kementerian Agama di Medsos dan Mitigasinya." digelar di Pusdiklat Kementerian Agama RI Ciputat Tangerang Selatan Banten. Selasa, (10/3/2020).

Kasubag Umum dan Humas Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI Nurul Badrutaman mengatakan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya yakni di Depok Jawa Barat. Dimana bertujuan untuk menjalin silaturahmi serta menguatkan peran kehumasan di masing-masing daerah.  ‘’Bahkan kegiatan ini akan terus kita laksanakan secara berkesinambungan,’’ ujar Nurul yang diapresiasi para peserta.

Dalam kegiatan ini kata Nurul, pihaknya sengaja mengundang para pegiat media sosial dan insan pers. Sehingga dalam ajang ini, muncul inovasi-inovasi dalam memecahkan masalah, serta menyatukan persepsi dalam informasi dan komunikasi antara peran humas dan media. ‘’Kita undang pakar-pakar media disini, silahkan sampaikan apa yang ingin disampaikan. Sehingga kita ada persamaan persepsi dalam menyatukan komunikasi dan informasi ke publik,’’ tambah Nurul.

Sementara itu, kegiatan ini sendiri dibagi dalam tiga sesi diskusi, dengan materi sesi pertama "Sinergi dan Optimalisasi Potensi Publikasi Kementerian Agama oleh Plt. Inspektur Jenderal Kemenag RI Muhammad Thambrin dan Trisni Puspitaningtyas, staf khusus Menteri Agama.

Sedangkan sesi kedua, "Potret dan Analisis Sentimen Isu Keagamaan di media sosial" dan "Posisi Isu Keagamaan dalam Konteks Pemberitaan," disampaikan oleh 3 pakar media yakni pimred koran Tempo, pemred Harian Kompas dan Detik.com.

Sedangkan sesi ketiga "Manajemen Krisis dan Sinergi Publikasi Wacana Keagamaan" sampaikan oleh Muhammad Khoeron dari Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama dan Mahbi Khoiron, pegiat media NU online.

Kegiatan ini, selain para kasubag umum dan humas, juga dihadiri oleh Kakanwil Kementerian Agama seluruh Indonesia, Humas eselon 1 Kementerian Agama RI dan Humas Kanwil Kementerian Agama 34 provinsi se-Indonesia. Kegiatan berlangsung sehari penuh, yang dikemas dengan diskusi bersama dan ramah tamah bersama para insan media. (Tatang)

 

Bagikan :