Cepat Tanggap Berita Virus Corona, MIN 4 Benteng Kelas Jauh Adakan Sosialisasi

Cepat Tanggap Berita Virus Corona, MIN 4 Benteng Kelas Jauh Adakan Sosialisasi

Bengkulu Tengah (inmas) - Dalam menanggapi berita virus corona yang mulai membuat masyarakat panik, MIN 4 Benteng Kelas Jauh mengadakan sosialisasi menghadapi virus corona kepada siswanya (Kamis, 05/03/2020).

Berita Virus corona memang sudah membuat panik masyarakat Indonesia bahkan dunia. Hal ini karena beredar berita, penyebarannya yang cukup cepat dan sudah memakan korban. Sosialisasi ini sebagai tindakan pencegahan dan mengurangi kepanikan masyarakat terkait virus ini.

Sosialisasi corona di MIN 4 Benteng ini dilaksanakan cukupĀ  efektif dan efisien. Guru membawakan materi sosialisasi saat jam pelajaran. Sosialisasi ini disampaikan pada jam pertama. Sosialisasi ini merupakan materi pengantar kegiatan belajar, sembari memancing minat dan semangat siswa dalam belajar di kelas.

Materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini menyangkut apa itu Corona dan gejalanya. Serta Cara penyebaran dan informasi terkini corona. Selanjutnya, disampaikan langkah-langkah pencegahan terhadap virus ini. Dijelaskan juga, tidak boleh panik dalam menghadapi ancaman virus ini.

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis virus baru yang menyerang pernapasan. Gejala virus ini seperti flue, demam, sakit kepala dan sesak nafas. Virus ini dapat menyebar melalui cairan tubuh (ludah). Virus ini menyebar ketika cairan tubuh dari batuk orang sakit masuk ke tubuh orang sehat melalui mata, hidung dan mulut. Proses ini bisa terjadi saat orang yang sakit batuk di depan orang sehat.

Di samping itu, penularan dapat terjadi saat tangan orang sakit sudah terapar virus corona dari ludahnya. Orang sakit ini memegang suatu benda. Benda ini kemudian dipegang oleh orang sehat. Selanjutnya, tangan orang sehat ini memegang mata, hidung maupun mulutnya.

Dalam paparannya, guru MIN 4 Benteng menjelaskan, "Pencegahan penularan Corona cukup mudah, yaitu menjaga jarak dengan orang yang lagi batuk atau filek. Jangan menyentuh wajahmu dan orang lain, sebelum mencuci tangan secara menyeluruh menggunakan sabun. Hindari berbagi alat dan makanan langsung. Dan sebisanya hindari dulu tempat keramaian. Istirahat yang cukup dan makanan yang bergizi merupakan hal penting dalam menjaga imun tubuh. Jika imun tubuh kita kuat, semua penyakit, termasuk corona akan sulit menyerang kita".

Saat melakukan sosialisasi, semua peserta didik diminta untuk mempraktikkan cara mencuci tangan menyeluruh dengan sabun. Untuk membuktikan siswa sudah mengerti, diadakan sesi tanya jawab.

Anita Utame Nensi, S.Pd, kepala MIN 4 Benteng mengungkapkan, "kita harus cepat tanggap dengan berita yang berkembang. Dalam hal ini berita tentang corona. Hal ini sebagai langkah antisipasi".

"Di samping itu, sosialisasi dapat mengurangi kepanikan masyarakat yang timbul akibat berita corona ini", tutupnya. (Yoga P)

Bagikan :