Ekskul Tari MIN 1 Benteng Jadi Andalan

Ekskul Tari MIN 1 Benteng Jadi Andalan

Bengkulu Tengah (Inmas) – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bengkulu Tengah memprogramkan kegiatan ekskul Teni Tari yang menjadi salah satu program unggulan almamater, orang tua dan masyarakat Kecamatan Pondok Kubang.

Program seni tari ini diikuti oleh seluruh siswi dari kelas 3 sampai kelas 5 yang berjumlah 35 orang. Seni Tari yang diajarkan oleh pembina adalah Tari persembahan sebagai Tari utama dan tarian daerah yang ada di Bengkulu Tengah sekaligus tari kreasi yang memadukan tari daerah yang berasal dari seni budaya, adat istiadat, serta kebiasaan yang ada di masyarakat kabupaten Bengkulu Tengah.

Salah satu guru pembimbing Tari Nur Insani mengatakan bahwa seni dan budaya daerah wajib kita lestarikan, agar tidak hilang. Semua peserta sangat antusias dalam mengikuti latihan. Apalagi sudah terkordinir dalam sebuah sanggar Seni yang diberi nama “Pusako Gardin”. Latihan dilaksanakan setiap sore Senin”. Ujarnya.

Insani berharap siswi MIN 1 Bengkulu Tengah bisa menjadi generasi penerus yang tahu dan melestarikan adat budaya terutama seni tari yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah ini. Apalagi masyarakat di Kecamatan Pondok Kubang sudah banyak yang mempercayai Sanggar Pusako Gardin untuk mengisi acara-acara  adat maupun pesta pernikahan putra-putrinya. Selain anak-anak mendapatkan pengalaman, ini juga jalan mereka mencari uang tambahan untuk mereka menabung atau membeli peralatan sekolahnya, ibarat pepatah “Sambil menyelam, minum air”. (Yani/Emi LDR)

Bagikan :