Kemenag Dampingi Pemeriksaan Jamaah Haji Tahap 1

Kemenag Dampingi Pemeriksaan Jamaah Haji Tahap 1

Bengkulu Tengah (Inmas) - Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Bengkulu Tengah H. Kharnolis beserta stafnya tampak hadir mendampingi Jemaah Calon Haji (JCH) dalam pemeriksaan kesehatan tahap 1 yang digelar oleh Dinas Kesehatan Bengkulu Tengah di Puskesmas Ujung Karang pada Selasa 25/2.

Dalam kesempatan tersebut Kharnolis mengungkapkan bahwa, ibadah haji ditujukan kepada umat islam yang istito’ah (mampu), baik secara materi, fisik maupun mental. Termasuk didalamnya istito’ah kesehatan bagi JCH. Dari aspek kesehatan, kemampuan fisik dan rohani yang sehat menjadi faktor penting yang harus diperhatikan JCH.

“Untuk mengukur dan menentukan istito’ah tersebut, dilakukan dengan cara pemeriksaan kesehatan yang diatur dalam Permenkes No. 16 Tahun 2016 dan surat edaran Dirjen Haji No.4001 Tahun 2018 yang mengatur bahwa persyaratan istito’ah kesehatan tersebut harus diimplementasikan melalui pemeriksaan kesehatan,” jelas Kharnolis.

Diakui Kharnolis, pihaknya juga selalu mengimbau kepada para JCH agar selalu menjaga kesehatan sebelum masa keberangkatan ini dengan cara berolahraga ringan, mengkonsumsi makanan yang bergizi serta selalu menerapkan pola hidup sehat. Beliau pun berharap agar seluruh JCH Bengkulu Tengah dapat mengikuti anjuran yang diberikan oleh para petugas kesehatan agar dapat berangkat dalam kondisi yang sehat dan bugar sehingga dapat melaksanakan ibadah haji nanti secara maksimal. (Jion/Mus)

Bagikan :