Kepala MAN Bengkulu Selatan Ikuti Sosialisasi

Kepala MAN Bengkulu Selatan Ikuti Sosialisasi

Bengkulu Selatan (Inmas)- Bertempat di Nala Sie Side Bengkulu, Senin (24 Februari 2020) Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bengkulu Selatan menghadiri Pelaksanaan Sosialisasi UAMBN, UM dan UN Tahun 2020 dan Sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 183 dan 184 tahun 2019 pada Madrasah Aliyah se Provinsi Bengkulu. Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bengkulu Bapak Drs. H. Bustasar MS, M.Pd dan dihadiri Kabid Penmad Kanwil Bengkulu, Kasi Penmad Kabupaten dan kota se provinsi Bengkulu, dan Kepala MI, Mts dan MA negeri dan swasta se Provinsi Bengkulu.

Terkait sosialisasi KMA 183 dan 184 Tahun 2019, Kepala MAN Bengkulu Selatan berharap dapat mengembangkan kurikulum madrasah berdasarkan KMA 183 dan 184 Tahun 2019 di MAN Bengkulu Selatan dan menjadikan riset sebagai salah satu mata pelajaran pilihan baik intra maupun ekstrakurikuler.  

Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd.I mengatakan KMA 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah diterbitkan untuk mendorong dan memberi aturan bagaimana berinovasi dalam implementasi kurikulum madrasah serta memberikan payung hukum dalam pengembangan kekhasan madrasah, Pengembangan Penguatan Karakter (PPK), Pendidikan Anti Korupsi dan Pengembangan Moderasi Beragama pada Madrasah.

Setidaknya Dalam KMA 184 Tahun 2019 tersebut memuat pedoman implementasi kurikulum madrasah yang meliputi enam hal, antara lain adalah struktur kurikulum, pengembangan implementasi kurikulum, muatan lokal, ekstrakurikuler, pembelajaran pada madrasah berasrama dan penilaian hasil belajar.

“Kita berharap nantinya guru-guru MAN Bengkulu Selatan mampu memengembangkan soal berwawasan HOTS (High Order Thinking Skill) atau Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi agar dapat mengunggah kompleksitas berpikir siswa dan daya analitis siswa”, harapnya.

Dan terkait sosialisasi UAMBN, UM, UN Tahun Pelajaran 2019/2020, Dr. Dwi Sugilarwati, M.Pd.I mengatakan bahwa kita MAN Bengkulu Selatan berkomitmen untuk menyukseskan pelaksanaan UN, UAMBN dan UM Tahun 2020. “Suksesnya UNBK, UAMBNBK, dan UMBK di madrasah kita akan menjadi bukti bahwa slogan Madrasah Hebat Bermartabat benar-benar bisa dilihat oleh masyarakat pada madrasah kita”, pungkasnya. (Ich_AbuHanifah)

Bagikan :