Hafalan Juz Amma, MIN 1 Kota Bengkulu Terapkan Metode Muraja’ah

Hafalan Juz Amma, MIN 1 Kota Bengkulu Terapkan Metode Muraja’ah

Kota Bengkulu (Inmas), Dalam rangka meningkatkan kompetensi hafalan Juz Amma pada siswa, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Bengkulu menerapakan metode muraja’ah/ pengulangan kembali.

Seluruh siswa/i MIN 1 Kota Bengkulu dengan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan menghafalkan Al-Qur’an pada Juz ke-30 (Juz Amma) yang dipimpin oleh guru MIN 1 Kota Bengkulu, Rahmat Jaya,S.Ag di Masjid Al-Barokah, Rabu (19/02/2020).

Pada kesempatan tersebut, Rahmat Jaya seusai pelaksanaan kegiatan mengatakan, diterapkannya metode muraja’ah dalam menghafalkan Al-Qur’an khususnya Juz Amma pada siswa/I kelas 2 dan 3 merupakan salah satu metode yang tepat karena dengan muraja'ah/pengulangan secara rutin dan sering maka akan semakin kuat ingatan seseorang terhadap sebuah ayat atau surat dalam Al-Quran.

“Dengan metode muraja'ah/pengulangan secara rutin dan sering diharapkan siswa/I dapat dengan mudah dalam menghafalkan Al-Qur’an” harap Rahmat Jaya.

Pelaksanaan hafalan Juz Amma ini dilaksanakan setiap hari Rabu. Hafalan Juz Amma dimulai dengan membaca surat-surat yang sudah dihafal, kemudian dilanjutkan dengan membaca surat baru dengan cara siswa menirukan guru, diulang untuk dibaca beberapa kali, dengan tujuan agar siswa mudah hafal surat tersebut. Diakhir kegiatan, guru mengevaluasi hafalan siswa dengan menunjuk beberapa siswa/I untuk maju kedepan dan membacakan hafalan surah yang telah dihafal.

Mengenai kegiatan ini, Kepala Madrasah (Kamad) MIN 1 Kota Bengkulu, Eva Susanti, M.Pd membenarkan kegiatan ini dan dirinya mengapresiasi langkah dan metode yang diterapkan dewan guru dalam upaya meningkatkan kompetensi hafalan siswa khususnya di Juz Amma.

“Program menghafal Juz Amma ini bertujuan untuk menanamkan kecintaannya pada Alqur'an dan mencetak generasi yang Qur'ani, saya mengapresiasi langkah dan metode yang diterapkan dewan guru MIN 1 Kota Bengkulu dalam upaya peningkatan kompetensi hafalan Juz Amma pada siswa”. Kata Eva Susanti.

 “Semoga dengan diterapkannya metode muraja’ah dalam menghafal Juz Amma dapat terus berjalan dengan baik sebagai upaya menanamkan kecintaannya pada Alqur'an dan mencetak generasi yang Qur'ani serta hafal Al-Qur’an. Selain itu, Madrasah juga mengharapkan kerjasama kepada orang tua/wali siswa untuk membantu kelancaran kegiatan tersebut minimal membantu putra/putri untuk menghafal Juz Amma dirumah”. Harap Eva Susanti. (Randi)

Bagikan :