108 Jemaah Calon Haji Kaur lakukan Pengukuran Kebugaran

108 Jemaah Calon Haji Kaur lakukan Pengukuran Kebugaran

Kaur (Inmas) – Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kaur melakukan pemeriksaan kesehatan dan kebugaran terhadap 108 jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Kaur tahun 1441 H/2020 M, Rabu, (19/02/2020).

Kepada Kontributor Kemenag, dr. Novi Zartina selaku tim kesehatan dari Puskesmas Bintuhan  menuturkan, pemeriksaan kesehatan dan kebugaran oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur meliputi pemeriksaan tensi darah, nadi, dan detak jantung.

Tes kebugaran bagi JCH salah satunya dilakukan dengan berlari-lari kecil dengan mengelilingi lapangan merdeka sebanyak dua kali putaran, selanjutnya akan diukur kondisinya setelah berlari, mulai dari denyut nadi hingga detak jantung.

“pemeriksaan kesehatan dan kebugaran sangat penting dilakukan guna mengetahui daya tahan jantung dan paru-paru. Selain itu, untuk melatih kekuatan dan daya tahan otot jamaah haji” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kaur H. Muhammad Nasir, SPd mengatakan, kemampuan jasmani dan kebugaran fisik merupakan salah satu yang  menunjang kelancaran dalam melaksanakan ibadah haji.

”Kesehatan adalah modal utama dalam perjalanan ibadah haji, tanpa kondisi kesehatan yang memadai maka ibadah haji tidak dapat dilaksanakan secara optimal. Oleh karena itu saya menghimbau kepada  JCH agar senantiasa menjaga kondisi kesehatan dan mengatur pola makan mulai dari sekarang ” pungkasnya. (Puji**)

Bagikan :