Penuhi Kelengkapan Syarat Pelunasan, Kemenag dan Dinas Kesehatan Ukur Kebugaran CJH Bengkulu Tengah

Penuhi Kelengkapan Syarat Pelunasan, Kemenag dan Dinas Kesehatan Ukur Kebugaran CJH Bengkulu Tengah

Bengkulu Tengah (Inmas) - Dalam rangka menyambut musim haji tahun 1441 Hijriyah/2020 Masehi yang akan jatuh pada bulan Juli 2020 mendatang. Berbagai persiapan telah dilaksanakan oleh semua pihak terkait. Termasuk salah satunya adalah persiapan dalam hal kesehatan Calon Jemaah Haji (CJH)

Seperti persiapan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Bengkulu bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu pada Senin (17/2/20) bertempat di Lapangan Bola Desa Pekik NyaringBengkulu Tengah telah melaksanakan Pemeriksaan Pengukuran Kebugaran Jasmani CJH Kota Bengkulu Tahun 2020.

Kepala Kemenag Bengkulu Tengah H. Sipuan, S. Ag.,MM menyampaikan bahwa kegiatan pengukuran kebugaran jamaah merupakan salah satu syarat untuk pelaksanaan ibadah haji, dimana nanti ini akan terus berkelanjutan dengan pemeriksaaan kesehatan jamaah tahap satu dan dua.

Tentu tujuan ini agar jamaah betul siap baik pisik maupun psikis. Ungkap Sipuan.

Terpisah  Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bengkulu Tengah, H. Kharnolis, S.Sos bahwa pemeriksaan pengukuran jasmani CJH Bengkulu Tengah ini meliputi pemeriksaan kesehatan jantung, dan tensi darah. Dimana, sebelumnya para CJH telah melakukan jalan layaknya Thawaf dan Sa’i. Dan pemeriksaan ini dilakukan oleh tim dari Puskesmas Pengelola Haji.

Lebih lanjut, kegiatan ini merupakan salah satu syarat untuk dapat melakukan pelunasan Biaya Perjalanan IbadahHhaji (BPIH). Dimana, dengan  melakukan Tes Kesehatan Tahap 1 yang meliputi tes fisik dan kesehatan jantung. Sehingga, nanti bisa didapatkan Istithoah kesehatan dan nanti di bank akan muncul nama CJH untuk dapat melakukan pelunasan. Papar kharnolis (Jion)

Bagikan :