Kakan Kemenag MM Apresiasi ‘’Malam Gandai Akbar’’

Kakan Kemenag MM Apresiasi ‘’Malam Gandai Akbar’’

Mukomuko  (Informasi dan Humas) . Kakan Kemenag Kabupaten Mukomuko Drs. H. Ajamalus memberikan apresiasi terkait rencana kegiatan Pagelaran Seni Gandai dengan Tema” Malam Gandai Akbar, dan Pelucuran Buku “Gandai Tarian Langit Yang Membumidi Tanah Pekal”.

Kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-17 Kabupaten Mukomuko tahun 2020, keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri I Mukomuko bekerjasama dengan Media Online Kabar Mukomuko, dan Thamrin Brothers Ipuh.

‘’Saya sangat menyambut baik dan sangat mendukung pagelaran Seni Budaya Gandai yang merupakan seni budaya Kabupaten Mukomuko khususnya seni budaya Bumi Pekal yang perlu dilestarikan secara turun temurun,’’ kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko Drs. H. Ajamalus, MH ketika dihubungi oleh operator Website Tisna Awaluddin, S.Kom

Ditambahkan H. Ajamalus, bahwa pagelaran Seni Budaya Gandai ini harus menampilkan nuansa Islami sehingga tidak melanggar etika agama, ada istiadat yang selalu dijunjung tinggi oleh masyarakat Kabupaten Mukomuko, khususnya masyarakat Pekal yang dikenal dengan selogan “Adat Bersendi Syarak, Syarak Bersendikan Kitabullah”. ‘’Hal ini mengandung arti dan makna bahwa apapun bentuk seni budaya yang akan ditampilkan harus menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan adat istiadat yang tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat,’’ tutupnya.

Sementara itu, Kepala MAN I Mukomuko Nursyamsiah, M.Pd mengatakan bahwa pagelaran Seni Gandai ini rencananya akan dilaksanakan di lapangan mardeka desa Medan Jaya Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko. ‘’Insya Allah  menurut rencana akan dihadiri oleh Gubernur Bengkulu Drs. Rohidin Mersyah, Bupati Mukomuko H. Chairul Huda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko Drs. H.Ajamalus, MH, Tokoh Agama, Tokoh Adat, tokoh Masyarakat dan para undangan penting lainnya.Mohon doanya, acara ini sukses,’’ demikian Nursyamsiah. (Eki)

Bagikan :