Siswa MA An Nur Benteng Praktik Mandi Jenazah

Siswa MA An Nur Benteng Praktik Mandi Jenazah

Bengkulu Tengah (Inmas) - Siswa kelas XII Madrasah Aliyah (MA) An Nur Bengkulu Tengah mempraktikkan pelaksanaan kewajiban terhadap jenazah, terutama tentang tata cara memandikan jenazah pada mata pelajaran fikih, kamis (06/02).

Sebagai salah satu pengatahuan yang harus dikuasai oleh siswa Madrasah Aliyah, adalah cara memandikan jenazah atau mayit. Untuk tujuan itu maka, Hadiantori, S.Pd.I guru mata pelajaran selaku guru pembimbing memberikan pelatihan tentang tata cara memandikan jenazah kepada siswa kelas XII. Kegiatan ini dikemas dalam sebuah pembelajaran praktik di dalam kelas.

Dalam praktik ini siswa diberikan pengarahan tata cara memandikan sampai menggantikan jenazah dengan kain ganti. Kegiatan ini ini berjalan dengan lancar, para siswa dibagi menjadi 7 kelompok yang beranggotakan 6 siswa dalam satu kelompok. Satu persatu kelompok maju untuk mempraktikan dan salah satu siswa menjadi pemandu pembacaan niat dan doa yang lainnya.

Saat dikonfirmasi disela-sela praktik mandi jenazah, Hadiantori menjelaskan kegiatan tersebut diharapkan sebagai bekal menyiapkan mental dan keterampilan anak. Agar mampu mempraktikannya di masyarakat nanti atau bahkan didalam keluarga mereka sendiri.

“Semoga dengan adanya praktik mandi jenazah ini dapat memberikan tentang tata cara pengurusan jenazah kepada siswa untuk ibadah kemasyarakatannya. Saya meminta agar siswa untuk lebih menghafalkan tata cara pengurusan jenazah ini secara keseluruhan, agar tidak keliru untuk mempraktikannya di kehidupan sehari-hari siswa-siswi,“ jelas Hadiantori.   (ht)

Bagikan :