Tingkatkan Keterampilan, Siswa MTsN 2 MM Gelar Simulasi Jaring-Jaring Makanan

Tingkatkan Keterampilan, Siswa MTsN 2 MM Gelar Simulasi Jaring-Jaring Makanan

Mukomuko (Inmas) – Guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alama (IPA) MTsN 2 Mukomuko kelas VII Hanik Ma'rifahtur Rosyidah, mengajak siswanya untuk mengikuti kegiatan simulasi jaring-jaring makanan salah satu bentuk untuk menambah keterampilan bagi siswa MTsN 2. Sabtu (02/2/ 2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk memahami saling ketergantungan antara makhluk hidup satu dengan yang lain, sehingga akan timbul sifat dan jiwa social pada siswa untuk saling membantu dan memenuhi kebutuhan dalam hidup dan kehidupan sebagai makhlak ciptaan Allah swt..

Hanik Ma'rifahtur Rosyidah, guru IPA MTsN 2 Mukomuko. Menjelaskan, tata cara simulasi ini adalah masing-masing siswa dibagi secara berkelompok dan diminta untuk menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan di antaranya yaitu tali rapia dan kartu-kartu yang berisi komponen ekosistem. Langkah-langkah berikutnya yang harus dilakukan oleh masing-masing siswa yaitu memilih salah satu komponen kemudian berkumpul bersama teman sekelompoknya membentuk lingkaran. Masing-masing siswa akan berbagi peran ada yang jadi tumbuhan, ular, elang, burung dan lainnya. 

‘’Salah satu siswa yang berada di seberang teman pertama menyebutkan salah satu komponen ekosistem. Selanjutnya menjelaskan keterkaitan dengan komponen sebelumnya. Misalnya burung, hubungannya sebagai tempat hidup. Kemudian tali dihubungkan lagi ke siswa yang berada di seberang teman kedua. Hal itu terus dilakukan sampai semua siswa sudah memegang tali rafia yang mewakili komponen.  Dengan adanya simulasi tersebut diharapkan siswa mampu memahami interaksi antara makhluk hidup satu dan lainnya dalam proses makan dan dimakan,’’ demikian Hanik Ma'rifahtur Rosyidah. (El Anhar)

 

Bagikan :