KUA Talo Verifikasi Ulang Arah Kiblat Masjid Mujahidin Desa Serambi Gunung Talo

KUA Talo Verifikasi Ulang Arah Kiblat Masjid Mujahidin  Desa Serambi Gunung Talo

Seluma (Inmas) – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Talo, tindak lanjut dari permintaan pengurus masjid dan tokoh agama desa serambi gunung perihal pengukuran ulang arah kiblat Masjid Mujahidin yang selama ini menjadi perdebatan tentang keakuratannya, Senin, 3 Januari 2020 diverifikasi ulang oleh Kepala KUA, Marlius Putra, MH.I bersama TIM Falakiyah Kec. Talo.

Marlius menjelaskan pada prinsipnya, Arah kiblat merupakan suatu yang penting yang menjadi syarat syahnya sholat. Dan Secara umum Umum Tempat kiblat tempat ibadah yang ada di Desa Serambi Gunung khususnya pada masjid Mujahidin, kurang akurat. Hal ini karena beberapa faktor: Penentuan dimulai yang kurang sempurna, ikuti Arah kiblat tempat ibadah yang terdekat dengan sempurna, lokasi yang diambil arah jalan, alat dukung yang masih sangat memudahkan validasi yang kurang sempurna, namun semuanya tidak berhasil esensi syahnya sholat.

“Mayoritas masyarakat belum memahami tehnik pengukuran Arah Kiblat dengan Benar” kata Marlius selaku kepala KUA Talo usai verifikasi ulang arah kiblat masjid Mujahidin Desa Serambi Gunung Kec. Talo. Bersama pengurus Masjid dan tokoh masyarakat setempat.

“Diketahui dari hasil verifikasi ternyata diketahui Arah Kiblat masjid tersebut bergeser jauh dari arah sebenarnya, yaitu bergeser – 500 dari arah Barat, sedangkan Arah kiblat dikabupaten Seluma dan sekitarnya adalah 297, 470 jika dilihat dengan kompas dari arah utara searah jarum jam”, Jelasnya.(SA)

Bagikan :